Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Swasta Harapan III
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester I SMP Harapan III T.P. 2006/2007. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Harapan III. Sampel penelitian ini ada dua kelas, siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimendan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 42 orang. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah two group pretest-posttest design.Sebagai alat pengumpul data digunakan tes pilihan berganda dengan 4 option. Sebelum perlakuan, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari penelitian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yag berdistribusi normal dan memiliki varians homogen.Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen ( model Quantum Teaching ) adalah 44,38 dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional) adalah 44,19. Untuk nilai rata-rata postes kelas eksperimen adah 75,90 dan kelas kontrol adalah 68,76. Hasil uji kesamaan rata-rata dua pihak diperoleh harga t¬¬hitung nilai pretes=0,085 dan harga t¬¬hitung nilai postes= 2,9 sedangkan untuk ï¡ = 0,05 diperoleh ttabel = 1,999 oleh karena itu thitung nilai postes > ttabel, maka ada hipotesis Ha diterimaDownloads
Published
2015-09-01
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.