Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Swasta Harapan III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester I SMP Harapan III T.P. 2006/2007. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Harapan III. Sampel penelitian ini ada dua kelas, siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimendan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 42 orang. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen. Desain penelitian ini adalah two group pretest-posttest design.Sebagai alat pengumpul data digunakan tes pilihan berganda dengan 4 option. Sebelum perlakuan, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari penelitian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yag berdistribusi normal dan memiliki varians homogen.Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen ( model Quantum Teaching ) adalah 44,38 dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional) adalah 44,19. Untuk nilai rata-rata postes kelas eksperimen adah 75,90 dan kelas kontrol adalah 68,76. Hasil uji kesamaan rata-rata dua pihak diperoleh harga t¬¬hitung nilai pretes=0,085 dan harga t¬¬hitung nilai postes= 2,9 sedangkan untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,999 oleh karena itu thitung nilai postes > ttabel, maka ada hipotesis Ha diterima
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i81.3454
Article Metrics
Abstract view : 70 timesPDF - 90 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.