IMPLEMENTASI PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN SDM UMKM BINAAN KADIN KOTA BANDUNG BERKARAKTER TECHNOPRENEURSHIP

Nina Nurani

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi kota Bandung. Diperlukan penguatan kompetensi SDM UMKM dalam penggunaan teknologi digital sebagai upaya menumbuhkan technopreneurship, dalam menghadapi tuntutan daya saing global. Untuk mengembangkan kompetensi tersebut diperlukan keterampilan, keahlian, inovasi dan kreativitas dalam penggunaan platform digital marketing. Namun, pelaku UMKM di kota Bandung masih ada yang belum adaptif terhadap kompetensi tersebut. Kegiatan Pengabdian Masyarakat diharapkan memberi solusi terhadap permasalahan tersebut berupa kegiatan penyuluhan keterampilan penggunaan berbagai platform digital marketing dengan metode pemaparan, diskusi dan tanya jawab serta simulasi secara offline. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2022. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan berlangsung dengan baik dan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan kerja. Tindak lanjutnya adalah perlu program keberlanjutan dengan pendampingan dosen Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Widyatama beserta Kadin Kota Bandung untuk membangun technopreneurship serta kebersamaan antar komunitas UMKM melalui media Forum Informasi/Komunikasi

Kata kunci: Digital Marketing, Penguatan, SDM, UMKM, Technopreneurship


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4.37913

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.