MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN USAHA JAMUR TIRAM DALAM SUASANA COVID-19 DI DESA BUNDER KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

R. Agoes Kamaroellah, Dena Mellia Sri Rachmawati, Moh Syafik

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan untuk mengarahkan generasi muda menjadi pelaku usaha dalam memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh dirinya serta lingkungan sekitarnya. Melalui pelatihan diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi sebagai sebuah potensi sehingga tidak menghambat dalam usaha. Kegiatan difokuskan di Desa Bunder yaitu dusun Mondung Selatan karena memiliki usaha budidaya jamur tiram, namun hanya dijual dalam bentuk mentah dan belum ada yang mengolah menjadi produk makanan. Maka dari itu, kuliah pengabdian kepada masyarakat memberikan upaya dalam meningkatkan jumlah wirausaha dengan peluang yang ada di desa Bunder dengan memberikan pelatihan kewirausahaan pada generasi muda berupa pelatihan pengolahan jamur tiram menjadi produk jamur krispy.


(The purpose of this community service is to train the younger generation to become an entrepreneur in utilizing all their potential and the surrounding environment. Through training, it is expected to identify the problems faced as potential so that they can develop the business. The activity focuses on Bunder Village, namely the hamlet of South Mondung, because it has an empowering oyster mushroom, but it is only sold in raw form, and no one has processed it into food products. Therefore, this community service activity aims to increase the number of entrepreneurs with opportunities in Bunder village by providing entrepreneurship training to the younger generation through exercise on processing oyster mushrooms into crispy mushroom products)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.38060

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.