IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA MELALUI FACEBOOK DALAM MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM

Authors

  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia
  • Siti Daniyah Atika Universitas Komputer Indonesia
  • Fifi Ainur Ramadhina Universitas Komputer Indonesia
  • Diah Nur Kusumawardhani Universitas Komputer Indonesia
  • Maryadi Aris Munandar Universitas Komputer Indonesia
  • Dwinanda Pratya Annisa Murni Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.38498

Abstract

Analisis media social adalah proses mengumpulkan proses mengumpulkan dan menganalisis data dari jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Facebook adalah media sosial paling populer di Indonesia. Facebook. Facebook mempunyai berbagai fitur di dalamnya di mana para pebisnis UMKM dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan barang dagangannya Penjualan secara konvensional berupa berjualan dengan lapak atau berkeliling belum cukup untuk menambah perekonomian bisnis UMKM. Yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah mengoptimalisasi penggunaan social media.Dengan melukakan optimalisasi ini diharapkan para pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha ditengah pandemic Covid-19. Permasalah yang dihadapi (a) pengetahuan IT yang rendah pada pelaku UMKM, (b) permasalahan prioritas secara spesifik: (1) lemahnya pelaku UMKM dalam pemasaran produk menggunakan IT media sosial, (2) sulitnya memahami karakter konsumen melalui percakapan online agar produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen, (3) kurangnya pengatahuan UMKM memahami tipe perilaku konsumen. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut, (1) pemberian informasi, (2) pelaksanaan kegiatan, (3) evaluasi pelaksanaan. 

Downloads

Published

2023-07-03