IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA MELALUI FACEBOOK DALAM MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM
Abstract
Analisis media social adalah proses mengumpulkan proses mengumpulkan dan menganalisis data dari jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Facebook adalah media sosial paling populer di Indonesia. Facebook. Facebook mempunyai berbagai fitur di dalamnya di mana para pebisnis UMKM dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan barang dagangannya Penjualan secara konvensional berupa berjualan dengan lapak atau berkeliling belum cukup untuk menambah perekonomian bisnis UMKM. Yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah mengoptimalisasi penggunaan social media.Dengan melukakan optimalisasi ini diharapkan para pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha ditengah pandemic Covid-19. Permasalah yang dihadapi (a) pengetahuan IT yang rendah pada pelaku UMKM, (b) permasalahan prioritas secara spesifik: (1) lemahnya pelaku UMKM dalam pemasaran produk menggunakan IT media sosial, (2) sulitnya memahami karakter konsumen melalui percakapan online agar produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan konsumen, (3) kurangnya pengatahuan UMKM memahami tipe perilaku konsumen. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut, (1) pemberian informasi, (2) pelaksanaan kegiatan, (3) evaluasi pelaksanaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.38498
Article Metrics
Abstract view : 151 timesPDF - 104 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.