PENDAMPINGAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI SUMATRA BARAT MELALUI PELATIHAN BERHITUNG CEPAT UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru madrasah ibtidaiyah yang belum menguasai dan mampu mengajarkan ilmu hitung matematika yang mudah, cepat dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan berhitung cepat yang menargetkan peningkatan kompetensi profesional guru madrasah ibtidaiyah di Sumatra Barat khususnya bidang matematika. Kegiatan pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru madrasah ibtidaiyah tentang operasi hitung matematika yang mudah, cepat dan menyenangkan, sehingga menopang kompetensi profesional khususnya di bidang matematika. Kegiatan pendampingan ini menggunakan metode CBR (Community Based Learning), yang berlangsung dari Mei-Oktober 2022, yang diikuti oleh 96 guru madrasah ibtidaiyah yang berasal dari MIN 6 Pesisir Selatan, MIN 3 Padang Pariaman, MIN 3 Kota Padang dan MIN Kota Solok. Dari kegiatan pemberdayaan ini menghasilkan guru-guru madrasah ibtidaiyah yang mampu menguasai dan mengajarkan ilmu hitung dengan metode yang mudah , cepat dan menyenangkan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39876
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 498 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.