OPTIMALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK HASIL-HASIL PERTANIAN DESA PANANGGAHAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Abstract
Digital Marketing merupakan sarana yang efektif dan efisien dalam mempromosikan dan memasarkan produk-produk produsen karena dengan sangat mudah dan cepat dapat menjangkau konsumen. Masyarakat Desa Pananggahan, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah yang sebagian besar mata pencahariannya dari sektor agribisnis perlu diperkenalkan sistim Digital marketing melalui penyuluhan langsung kepada masyarakat khususnya para petani, karena metode yang dipergunakan para petani selama ini masih memakai metode tradisional. Penyuluhan tentang optimalisasi Digital Marketing di Desa Pananggahan bertujuan agar para petani merobah pola pemasaran hasil-hasil pertanian dari pola tradisional ke metode digitalisasi. Penyuluhan ini dianggap penting agar para petani dapat meningkatkan kuantitas penjualan hasil-hasil pertanian dipasar yang lebih luas jangkauannya. Berdasarkan hasil kegiatan penyuluhan pada peserta penyuluhan di Desa Pananggahan, dapat disimpulkan bahwa dalam mempromosikan dan memasarkan produk hasil-hasil pertanian masih memakai pola tradisional yang bersifat lokal dengan jangkauan yang terbatas. Dialog interaktif terjadi antara penyaji materi dengan peserta yang menunjukkan antusias peserta terhadap materi yang disampaikan. Dengan demikian disarankan disamping proaktif para petani, diharapkan peran serta Pemerinta Daerah dapat lebih intensif membantu para petani dalam mempromosikan hasil-hasil pertanian masyarakat Desa Pananggahan, Kabupaten Tapanuli Tengah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.43847
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 625 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.