PEMANFAATAN BUKU ILUSTRASI ANAK UNTUK PENDIDIKAN SIAGA BENCANA TSUNAMI

Putri Kholida

Abstract


Lampung terletak di daerah rawan bencana tsunami, sehingga pendidikan kebencanaan menjadi penting bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada disana. Pendidikan kebencanaan berfokus pada tiga kunci utama, yaitu kesiapsiagaan, pencegahan, dan mitigasi. Materi pendidikan perlu disesuaikan dengan tingkatan usia, khususnya bagi anak-anak yang menjadi kelompok yang paling rentan terhadap bencana. Mitra PkM (MDMC Lampung) selama ini berfokus pada penanganan saat dan sesudah bencana, namun belum ke arah pendidikan kesiapsiagaan bencana khususnya bagi anak. Untuk mengatasi keterbatasan ini, DKV ITERA menawarkan solusi dalam bentuk perancangan dan pemanfaatan buku ilustrasi sebagai media pembelajaran bagi anak mengenai wayfinding bencana alam tsunami yang bisa digunakan MDMC dalam berbagai program sosialisasi ataupun pendidikan kebencanaan untuk anak. Ujicoba rancangan buku berjudul “Mengenali Tsunami” menghasilkan hasil positif, yang ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata skor pre-test dan post-test dari responden siswa SD kelas 1 dan respon positif dari hasil interview dengan relawan MDMC. 


Keywords


Children book, Disaster preparedness education, Tsunami

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i2.44465

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.