LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KRITIS DAN KREATIF ANAK
Abstract
Usulan ini menjadikan RA AL-AMIN di jalan Prof. HM Yamin SH No.482 Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara sebagai mitra. Masalah mitra dalam proses pembelajaran anak di sekolah mitra adalah kurangnya kreativitas dan imajinasi dalam melakukan Pendidikan STEAM untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif anak, kurangnya pelatihan STEAM terhadap guru mitra, mitra belum memiliki sarana berupa laboratorium. Solusi yang diberikan adalah membangun laboratorium untuk sarana pembelajaran STEAM dan memberikan pelatihan Pendidikan STEAM kepada sekolah mitra dan membimbing guru mengujicobakan laboratorium. Pendidikan STEAM dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatifnya melalui pendekatan pembelajaran yang aktif, interaktif, dan kolaboratif. Dengan demikian, pendidikan STEAM dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif anak. Sekolah sangat merasa senang dengan pembuatan Laboratorium sebagai sarana Pendidikan STEAM. Dengan tersedianya Laboratorium pihak sekolah terutama guru sangat merasa terbantu dalam pelaksanaan pembelajaran yang menarik dan mendukung kreatifitas anak. Kegiatan praktikum dengan memanfaatkan laboratorium meningkatkan antusias belajar siswa juga mengenalkan siswa paud pada kegiatan yang meningkatkan ketrampilan berfikir dengan pendekatan STEAM.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i2.45161
Article Metrics
Abstract view : 82 timesPDF - 85 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.