PELATIHAN ASSESSMEN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SD DI KECAMATAN SELO, BOYOLALI

Ema Butsi Prihastari, Jumanto Jumanto

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan berupa pelatihan kepada para guru Sekolah Dasar di kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dalam membuat assessmen atau penilaian dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang baru dua tahun berjalan. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pertama, penyusunan draft MoU dengan sekolah peserta pengabdian, materi pelatihan; tahap kedua, sosialisasi secara umum terkait asessmen yang digunakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan literasi numerasi; tahap ketiga, diskusi interaktif dengan peserta pengabdian, dan; tahap keepmat, monitoring dan evaluasi dengan melakukan pendampingaan ke lapangan yang dilakukan dosen dan dibantu mahasiswa.  Hasil pengabdian yang dilakukan melalui sosialisasi 75% atau 27 peserta dari 30 guru SD peserta pengabdian mampu membuat asessmen formatif dan sumatif dengan baik dan berdasarkan hasil survei 75% guru SD di bawah nauangan Koordinator PAUD, Dikdas dan LS kecamatan Selo menyatakan materi yang disampaikan bermanfaat dan sangat membantu dalam mempersiapkan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas yang diampu. 


Keywords


kurikulum merdeka, sekolah dasar, numerasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.46331

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.