Penerapan Problem Based Learning pada Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalamMenyelesaikan Permasalahan Limit
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahanlimit yang diajarkan pada matakuliah kalkulus dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah(problem based learning). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian inidilakukan pada mahasiswa Fisika (non kependidikan) Unimed semester gasal tahun pelajaran 2014/2015yang berjumlah47orang. Data diperoleh melalui hasil wawancara dan menganalisis dokumen pekuliahan.Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikanaktivitas mahasiswa dan dosen selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, analisis ini jugamenggambarkan pencapaian kompetensi pada materi limit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadengan menerapkan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materilimit secara signifikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i78.4668
Article Metrics
Abstract view : 103 timesPDF - 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.