Strategi Pemecahan Masalahdalam Matematika Sekolah Dasar

Daitin Tarigan

Abstract


Inti dari semuapembelajaran adalah untuk membentuk manusia (siswa) yang kreatif, inovatif, dan punyastrategi dalam memecahkan masalah. Dalam pembelajaran matematika, salah satu bentuk pendekatanyang dapat diterapkan adalah problem solving, yaitu siswa dihadapkan pada masalah tak rutin sehinggadapat memunculkan ide kreatif siswa untuk memecahkan masalah tersebut. Masalah-masalah tak rutinyang dikembangkan tidak bisa disajikan sebagai bahan pembelajaran tiap hari, tetapi bisa diberikan secaraberkala. Fungsi guru adalah sebagai fasilitator, tentunya ini bukanlah merupakan tugas yang mudah,karena guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pemecahan masalah matematika harus siap danmampu menganalisis beraneka ragam jawaban siswa dengan baik.KataKunci :Pembelajaranmatematika, problem solving

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i78.4669

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 581 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.