Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PG-Pauddalam Mendesain Permainan Melalui Gerak &Lagu Untuk Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu lembaga pendidikan prasekolah yang mempunyai aktivitas belajarsambil bermain, bermain seraya belajar. Bermain melalui gerak dan lagu merupakan aktivitas yang sangatpopuler yang dilakukan anak PAUD dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan kegiatan ini dilombakan dalamberbagai event sekolah. Hal ini menjadikan bermain melalui gerak dan lagu penting dikuasai MahasiswaPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini sebagai calon guru.Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak melalui permainan perlu disesuaikan dengan kondisi anak.Hal ini penting dipahami oleh setiap mahasiswa PG-PAUD, agar setiap kegiatan yang dilakukan melaluibermain dan permainan dapat bermanfaat dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk permainanyang diciptakan disesuaikan dengan perkembangan anak secara fisik dan psikis, dan memiliki karakteristikyang serasi dengan anak. Permainan tersebut berguna membantu pertumbuhan dan perkembangan dirianak yang meliputi aspek, fisik, intelegensi dan sosial. Kesesuaintersebut dapat ditinjau dari isi, bahasayang sederhana, nada yang sepadan dan tema yang sesuai untuk anak. Mahasiswa PG-PAUD diharapkandapat memahami karakteristik permainan bagi anak yang bersifat serderhana mengandung unsurmaknawi dan mempunyai tema.Gerak-gerak yang digunakan dalam permainan di PAUD dapat menirukangerak-gerak keseharian, seperti gerak-gerak binatang, gerak-gerak tumbuhan dan gerak alam lainnya.Prinsip dasar belajar di PAUD adalah belajar melalui bermain dan bermain seraya belajar.Nuansa bermainuntuk membuat anak senang sudah kelihatan begitu memasuki lingkungan PAUD, yang diberi nuansawarna warni ceria. Semua aktivitas dilakukan untuk memenuhi program pembelajaran yang diberikan. Didalam aktivitasnya mahasiswa PG-PAUD yang akanmenjadi guru PAUD diharapkan mampu melakukanaktivitas seperti anak-anak PAUD. Misalnya gerakan jongkok, gerakan merangkak, gerakan melompat,bahkan gerakan menyuruk dan sebagainya untuk memberikan contoh bagaimana seharusnya permainanitu dilakukan oleh anak. Aktivitas memberikan contoh bagaimana seharusnya permainan itu dilakukan olehanak. Aktivitas permainan tersebut diiringi dengan musik atau lagu yang menambah semaraknya kegiatanyang sedang dilakukan. Kegiatan semacam itulah yang disebut bermain melalui gerak dan lagu di PAUD.Mahasiswa PG-PAUD tidak hanya dituntut memainkannya tetapi lebih dari pada itu, mereka hendaknyadapat pula menciptakan dan mengembangkan permainan tersebut, sebagai persiapan baginya menjadiguru PAUD yang berkualitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i78.4675
Article Metrics
Abstract view : 280 timesPDF - 281 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.