SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI GURUSEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Doris Apriani Ritonga, Zulaini Siregar, Nurhamida Sari

Abstract


Sebagai pendidik professional, guru dituntut untuk memiliki efikasi diri yang tinggi agar siap menghadapi berbagai tantangan khususnya dalam menciptakan media pembelajaran yang kreatif menuju penciptaan pembelajaran efektif. Secara spesifik, efikasi diri yang relatif rendah telah membawa permasalahan yangserius pada proses pembelajaran oleh guru di dua sekolah dasar di Kabupaten Serdang Bedagai. Dampakdari efikasi diri yang rendah tergambar pada suasana kelas dan pembelajaran yang kurang menarik ditengah tuntutan untuk mendapatkan hasil belajar yang tinggi oleh para siswa. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan efikasi
diri guru-guru di dua sekolah dasar di Kabupaten Serdang Bedagai melalui pelatihan senam otak.Berdasarkan hasil uji t (dependent t-test) pada efikasi guru sebelum dan sesudah dilaksanakan pelatihan senam otak, dengan nilai p = 0.000 < 0.05 dan nilai t-hitung pada 6.881 > t-tabel pada 1.721. Secara spesifik, hasil frekwensi distribusi menunjukkan peningkatan efikasi diri yang signifikan setelah dilaksanakan pelatihan senam otak pada kategori sangat tinggi (dari 1 orang atau 4.5% menjadi 3 orang atau 13.6%) dan kategori tinggi (dari 1 orang atau 4.5% menjadi 10 orang atau 45.5%). Lebih lanjut, pelatihan senam otak memberikan dampak yang signifikan pada kreativitas guru dalam memodifikasi media dan proses belajarmenjadi lebih menarik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v22i1.4689

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.