PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR GITAR MAYORMAHASISWA JURUSAN SENI MUSIK FBS UNIMED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Gitar Mayor mahasiswayangdiajarkan dengan strategi pembelajaran Konstruktivisme dan hasil belajar Gitar Mayor mahasiswa yangdiajar dengan pembelajaran ekspositsori; (2) perbedaan hasil belajar Gitar Mayor yang mempunyaiKonsep Diri Positif dengan mahasiswa yang mempunyai konsep Diri Negatif; dan (3) interaksi antarastrategi pembelajaran dengan Konsep Diri terhadap hasil belajar Gitar Mayor Siswa. Penelitian inidilaksanakan di jurusan Sendratasik FBS Unimed pada semester Genap Tahun ajaran 2012/2013.Populasinya adalah seluruh mahasiswa sebanyak 60 orang, sampelnya adalah semua mahasiswa yangmengambil mata kuliah Gitar Mayor A sebanyak 30 orang dan Gitar Mayor B sebanyak 30 orang.Instrumen yang digunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknikanalisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukanbahwa : (1) hasil belajar Gitar Mayor mahasiswa yang diajari dengan strategi pembelajaranKonstruktivisme lebih Positif daripada hasil belajar Gitar Mayor mahasiswa yang diajar dengan strategipembelajaran ekspositori (Fhitung= 6,6 > Ftabel= 4,02), (2) terdaapt perbedaan yang signifikan antarahasil belajar Gitar MAyor mahasiswa yang mempunyai Konsep Diri Positif dengan mahasiswa yangmempunyai KonsepDiri Negatif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i71.4716
Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF - 93 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.