PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK
Abstract
Soft Skill dan Hard Skill merupakan dua jenis keahlian yang harus ditingkatkan kematangannya dalamdiri mahasiswa. Kematangan kedua jenis skill ini akan maksimal dilakukan jika mahasiswa diberikanproses pembelajaran yang bersifat aktif sehingga mahasiswa mampu membangun sendiripengetahuannya. Dengan pendekatan konstruktivistik dosen berperan sebagai fasilitator agarmahasiswa mampu merekonstruksi kognitif atau pengetahuannya sesuai dengan situasi yang nyatadengan mengikutsertakan soft skill sebagai bagian dari proses pembelajaran . Beberapa strategipembelajaran konstruktivistik yang bisa diterapkan adalah problemsolving, seminar, group discussion,report and review activity, mini research.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i74.4761
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.