PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK

Fahri Haswani, Yeni Erlita

Abstract


Soft Skill dan Hard Skill merupakan dua jenis keahlian yang harus ditingkatkan kematangannya dalamdiri mahasiswa. Kematangan kedua jenis skill ini akan maksimal dilakukan jika mahasiswa diberikanproses pembelajaran yang bersifat aktif sehingga mahasiswa mampu membangun sendiripengetahuannya. Dengan pendekatan konstruktivistik dosen berperan sebagai fasilitator agarmahasiswa mampu merekonstruksi kognitif atau pengetahuannya sesuai dengan situasi yang nyatadengan mengikutsertakan soft skill sebagai bagian dari proses pembelajaran . Beberapa strategipembelajaran konstruktivistik yang bisa diterapkan adalah problemsolving, seminar, group discussion,report and review activity, mini research.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v19i74.4761

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.