PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DESIGN THINKING BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING BAGI GURU SMA SWASTA AL-MAKSUM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN DALAM INOVASI PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Yayuk Hayulina Manurung

Abstract


Masih rendahnya kemampuan design thinking guru dalam inovasi perancangan perangkat pembelajaran berbanding lurus dengan situasi pembelajaran yang masih jauh dari tuntutan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut dibuktikan dari  beberapa temuan pada kondisi mitra dalam hal ini SMA Swasta AL-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu pembelajaran masih belum sepenuhnya menempatkan siswa sebagai subjek dalam pembelajaran, pembelajaran masih belum bersifat lebih kontekstual, fleksibel dan adaptif pada tuntutan perkembangan, siswa tidak ditempatkan sebagai individu yang aktif mengkonstruksi pengetahuan dan mencari makna belajar, dan inovasi perangkat pembelajaran masih sebatas penggunaan laptop melalui media Power Point Text (PPT) sebagai model pembelajaran dengan corak Teacher-Centered Learning meskipun sebenarnya guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran inovatif lainnya seperti model kontekstual, teknik saintifik, penyampaian materi berbasis masalah, realistik, PAIKEM, Project-Based Learning, Problem-Solving, Discovery Learning, dan Cooperative Learning. Pelatihan dan pengembangan Kemampuan Design Thinking Berbasis Project-Based Learning bagi mitra diharapkan inovasi perangkat pembelajaran mitra dapat meningkat. Sejalan hal tersebut juga pendampingan guru dalam pengembangan model pembelajaran, penyusunan RPP, instrumen penilaian dan media pembelajaran sebagai bagian dari perangkat pembelajaran diharapkan terciptanya iklim pembelajaran aktif dan siswa menemukan makna belajar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka sendiri. Pelatihan dan pengembangan kemampuan kemampuan design thinking berbasis project-based learning bagi guru SMA Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan meningkatkan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran yang inovatif dan guru dapat menciptakan pembelajaran bersifat lebih kontekstual, fleksibel dan adaptif pada tuntutan perkembangan khususnya tuntutan Kurikulum Merdeka dikarenaka guru telah mengaplikasikan model pembelajaran yang inovatif

 


Keywords


Design- Thinking, Inovasi, Pelatihan, Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning, Pengembangan,

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i3.47612

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.