PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS MANAJEMEN DAN MUTU PRODUK PADA KELOMPOK KERAJINAN KARAWO DI DESA BONGO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dilaksanakan melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian
masyarakat melalui KKN PPM ini dilaksanakan dengan tema upaya meningkatkan kapasitas manajemen dan mutu
produk pada kelompok kerajinan karawo di desa Bongo kecamatan Batudaa Pantai kabupaten Gorontalo yang juga
ditujukan untuk memenuhi standard mutu pasar moderen di Gorontalo sebagai mitra. Peningkatan kapasitas
manajemen dari berbagai aspek diharapkan membuka peluang untuk dapat melakukan perbaikan kuantitas dan
kualitas sehingga dapat terus mempertahankan dan mengangkat produk karawo lebih luas sebagai ciri khas
Gorontalo. Beberapa target spesifik yang dicapai adalah: 1). Mewujudkan pemenuhan standarisasi mutu produk
sesuai permintaan pasar modern di Gorontalo sebagai mitra, 2) Mewujudkan strategi pemasaran dan perluasan
wilayah pemasaran produk karawo di Gorontalo, 3) Mewujudkan kontinuitas hasil produksi karawo sehingga dapat
membuka peluang peningkatan pendapatan anggota kelompok usaha karawo di desa Bongo dan kesejahteraan
masyarakat sekitarnya. Langkah konkrit dalam kegiatan ini adalah melakukan penguatan kapasitas manajemen
usaha, meningkatkan suplay bahan baku, hasil produksi dan memenuhi standarisasi produk di pasaran serta strategi
pemasaran.
masyarakat melalui KKN PPM ini dilaksanakan dengan tema upaya meningkatkan kapasitas manajemen dan mutu
produk pada kelompok kerajinan karawo di desa Bongo kecamatan Batudaa Pantai kabupaten Gorontalo yang juga
ditujukan untuk memenuhi standard mutu pasar moderen di Gorontalo sebagai mitra. Peningkatan kapasitas
manajemen dari berbagai aspek diharapkan membuka peluang untuk dapat melakukan perbaikan kuantitas dan
kualitas sehingga dapat terus mempertahankan dan mengangkat produk karawo lebih luas sebagai ciri khas
Gorontalo. Beberapa target spesifik yang dicapai adalah: 1). Mewujudkan pemenuhan standarisasi mutu produk
sesuai permintaan pasar modern di Gorontalo sebagai mitra, 2) Mewujudkan strategi pemasaran dan perluasan
wilayah pemasaran produk karawo di Gorontalo, 3) Mewujudkan kontinuitas hasil produksi karawo sehingga dapat
membuka peluang peningkatan pendapatan anggota kelompok usaha karawo di desa Bongo dan kesejahteraan
masyarakat sekitarnya. Langkah konkrit dalam kegiatan ini adalah melakukan penguatan kapasitas manajemen
usaha, meningkatkan suplay bahan baku, hasil produksi dan memenuhi standarisasi produk di pasaran serta strategi
pemasaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v22i3.4764
Article Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 671 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.