OPTIMALISASI PRODUKSI DAN PEMASARAN AKSESORIS JILBAB DARI KAIN PERCA DI DESA TAMBON BARU KABUPATEN ACEH UTARA
Abstract
Ipteks bagi masyarakat (IbM) pelatihan pemanfaatan kain perca sebagai bahan baku pembuatan aksesoris jilbab
dan proses pemasaran telah dilakukan di desa Tambon Baru, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Di daerah Aceh
Utara banyak ibu rumah tangga dan pemudi tuna karya membantu perekonomiaan keluaraga. Pengabdian ini telah
memberikan ilmu dan ketrampilan bagaimana cara membuat assesoris jilbab dari kain perca. Selain itu para
pelatih juga memberikan ilmu tentang bagaimana cara pemasarannya. Kain perca yang digunakan merupakan
bahan samping dari proses pembuatan pakaian. Produk asssesoris jilbab yang telah dijual kemudian dijual. Dan
pada saat ini hasil produk yang dibuat telah di order oleh sebagain masyarakat sebagai Cindra mata dalam proses
perkawinan. IbM ini telah melatih membuat kain perca menjadi aksesoris jilbab, tim pengusul selain itu para ibu
penjahit rumah tangga dan para pemudi tuna karya juga dilatih dalam proses penjualan produk yang dihasilkan.
Sehingga produk yang dihasilkan dapat dijual di pasaran sesuai dengan target dan luaran yang diinginkan serta
dapat meningkatkan pendapatan.
dan proses pemasaran telah dilakukan di desa Tambon Baru, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Di daerah Aceh
Utara banyak ibu rumah tangga dan pemudi tuna karya membantu perekonomiaan keluaraga. Pengabdian ini telah
memberikan ilmu dan ketrampilan bagaimana cara membuat assesoris jilbab dari kain perca. Selain itu para
pelatih juga memberikan ilmu tentang bagaimana cara pemasarannya. Kain perca yang digunakan merupakan
bahan samping dari proses pembuatan pakaian. Produk asssesoris jilbab yang telah dijual kemudian dijual. Dan
pada saat ini hasil produk yang dibuat telah di order oleh sebagain masyarakat sebagai Cindra mata dalam proses
perkawinan. IbM ini telah melatih membuat kain perca menjadi aksesoris jilbab, tim pengusul selain itu para ibu
penjahit rumah tangga dan para pemudi tuna karya juga dilatih dalam proses penjualan produk yang dihasilkan.
Sehingga produk yang dihasilkan dapat dijual di pasaran sesuai dengan target dan luaran yang diinginkan serta
dapat meningkatkan pendapatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v22i3.4768
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF - 333 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.