SERUNDENG UBI SEBAGAI SALAH SATU PELUANG USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA: STUDI KASUS PADA USAHA MARISA DI KOTA PADANG

Authors

  • Afifah Afifah Politeknik Negeri Padang
  • Yosi Suryani

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpkm.v22i3.4778

Abstract

Artikel ini membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam mitra binaan dan memberikan solusi bagi mitra tersebut dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mitra yang dipilih yaitu UKM Marisa yang memproduksi serundeng ubi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah merubah pola kerja dan proses produksi serta pembenahan aspek pemasaran yang menjadi faktor utama permasalahan dalam UKM tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi dalam dua cara. Bidang produksi dilakukan dengan mengubah cara berproduksi secara manual menjadi proses produksi menggunakan mesin, sedangkan bidang pemasaran dengan memberikan pemahaman pentingnya kemasan dan merek yang menarik untuk sebuah produk. Hasil yang diperoleh dengan adanya pengabdian pada masyarakat adalah terjadinya peningkatan kualitas produksi serundeng ubi, penggunaan kemasan produk yang sesuai dengan standar serta desain merek yang menarik dan informatif. Dengan perubahan yang terjadi, maka permasalahan yang dihadapi mitra sudah dapat teratasi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian UKM Marisa.

Author Biographies

Afifah Afifah, Politeknik Negeri Padang

Yosi Suryani

Published

2016-07-01

Issue

Section

Articles