Analisa Kapasitas Fungsional (Organik), Gerak (Motorik), Emosional dan Intelektual (Kognitif) pada materi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar
Abstract
Dalam pendidikan jasmani Sekolah Dasar (SD), materi pelajaran penjas selalu dikemas dan didesain dalam
bentuk permainan. Penyajian pembelajaran olahraga di SD sebaiknya dilaksanakan melalui bentuk
permainan karena bermain merupakan dunianya anak-anak. Dunia SD adalah dunia bermain sehingga
penyajian dalam pembelajaran pendidikan jasmaninya haruslah dalam bentuk permainan. Permainan
berperan sebagai kendaraan pertama untuk mempelajari diri sendiri dan dunia sekitarnya. Melalui
permainan, individual atau kelompok, aktif atau diam, anak-anak mengembangkan pemahaman dasar dari
dunia tempat mereka hidup.
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan, yang bertujuan untuk
mengembangkan individu secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.
bentuk permainan. Penyajian pembelajaran olahraga di SD sebaiknya dilaksanakan melalui bentuk
permainan karena bermain merupakan dunianya anak-anak. Dunia SD adalah dunia bermain sehingga
penyajian dalam pembelajaran pendidikan jasmaninya haruslah dalam bentuk permainan. Permainan
berperan sebagai kendaraan pertama untuk mempelajari diri sendiri dan dunia sekitarnya. Melalui
permainan, individual atau kelompok, aktif atau diam, anak-anak mengembangkan pemahaman dasar dari
dunia tempat mereka hidup.
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan, yang bertujuan untuk
mengembangkan individu secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i80.4794
Article Metrics
Abstract view : 141 timesPDF - 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.