Analisa Kapasitas Fungsional (Organik), Gerak (Motorik), Emosional dan Intelektual (Kognitif) pada materi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar

Raswin Raswin

Abstract


Dalam pendidikan jasmani Sekolah Dasar (SD), materi pelajaran penjas selalu dikemas dan didesain dalam
bentuk permainan. Penyajian pembelajaran olahraga di SD sebaiknya dilaksanakan melalui bentuk
permainan karena bermain merupakan dunianya anak-anak. Dunia SD adalah dunia bermain sehingga
penyajian dalam pembelajaran pendidikan jasmaninya haruslah dalam bentuk permainan. Permainan
berperan sebagai kendaraan pertama untuk mempelajari diri sendiri dan dunia sekitarnya. Melalui
permainan, individual atau kelompok, aktif atau diam, anak-anak mengembangkan pemahaman dasar dari
dunia tempat mereka hidup.
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan, yang bertujuan untuk
mengembangkan individu secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v21i80.4794

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.