Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Administrasi Perkantoran Menuju Perpustakaan Bertaraf Internasional
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpkm.v20i75.4800Abstract
Suatu lembaga pendidikan sebelum mendirikannya merencanakan ruangan perpustakaan sebelummemulai operasinya kedepan. Apalagi yang namanya lembaga pendidikn tinggi tida klagi lajimnya dewasa ini tidak memiliki perpustakaan. Administrasi perkantoran yang dimaksud dalam hal ini suatuprogram studi yang ditemukan dalam suatu lembaga tinggi yang sudah harus memillk perpustakaankhusus bagi mahasiswa sebagai asuhannyau untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat danakurat untuk meninggalkan era tahun 70 han menuju suatu lembaga pendidikan yang bertarafinternasional seperti di negara maju. Kenapa, karena citra suatu lembaga pendidikan dapat terpandangsalah satu karena kelengkapan perpustakaan bukan tingginya bangunan dari pihak masyarakat. Misalnya perpustakaan UI dengan kekuatannya dibidang e-library, maka seorang pemakai lebih duluakan memikirkan produk layanan apa yang dapat memenuhi kebutuhannya sebelum ia memilih produklayanan yang tersedia diperpustakaan lain. Setiap perpustakaan selalu memperoleh kesan baik yangpositif maupun negatif dari berbagai pihak yang selalu berhubungan. Hal ini merupakan konsekuensilogis, mengingat dalam segala aktivitasnya perpustakaan selalu berhubungan dengan berbagai pihak,khususnya dengan pemakai perpustakaan. Jadi dengan sendirinyan pihak yang berkepentingan akanselalu mengamati keberadaan perpustakaan tersebut agar tidak merugikan pemakainya. Oleh karenaitu setiap perpustakaan diharapkan mampu memberikan citra yang positif agar selalu sukses dalamberinteraksi dengan masyarakat lingkungannya. Citra yang negatif dapat memperlemah serta merusakstrategi yang telah dibangun secara efektip. Sedangkan citra yang positif bisa didapatkan denganmengkomunikasikan keunikan dan kualitas terbaik yang dimiliki perpustakaan itu kepada pemakainya.Published
2014-03-01
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.