EFEKTIVITAS SOSIALISASI DAN WORKSHOP PENTINGNYA LOGO DAN PENGEMASAN PRODUK BAGI PENINGKATAN DAYA JUAL PRODUK UMKM DESA CIBURIAL, KABUPATEN BANDUNG

Ade Yunita Mafruhat, Ria Haryatiningsih, Meidy Haviz, Ahmad Arif Nurrahman, Muhammad Fauzi Arif, Muhammad Rafky Razif Kiransyah, Ghirah Jihad Fie Sabilillah, Lovie Dwifany Lesmana, Khofifah Alya Prameswari

Abstract


UMKM Desa dapat memberikan peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi tingkat Nasional. Besarnya peran ini membuat UMKM Desa menjadi solusi yang efektif dalam pemulihan ekonomi nasional. Namun, perannya ini masih belum optimal karena UMKM Desa masih banyak menghadapi berbagai tantangan salah satunya dalam peningkatan daya saing produknya yakni terkait logo dan pengemasan. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut maka pengabdi menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop terkait pentingnya Logo dan Pengemasan Produk UMKM Desa yang profesional. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi: sosialisasi, workshop,dokumentasi, dan penyusunan laporan akhir. Hasil dari kegiatan PKM ini, para pelaku UMKM Unggulan terpilih Desa Ciburial meningkat keberdayaan UMKM Desa  Ciburial perihal logo dan pengemasan produk khususnya dalam hal peningkatan pengetahuan, keterampilannya Dengan meningkatnya keberdayaan ini menunjukkan bahwa kegiatan PKM efektif.

 


Keywords


Workshop, Sosialisasi, UMKM Desa, Logo, Kemasan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i1.50036

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.