MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME QUIZ: WHO WANT TO BE A SUCCESS DI UPT NEGERI 5 TAMBANG KAMPAR
Abstract
Banyak guru memanfaatkan media sebagai alat yang memudahkan penyampaian materi; padahal di sisi lain media pembelajaran dapat berperan sebagai alat monitoring dan evaluasi untuk mengetahui kadar penyerapan siswa. Keadaan tersebut mendasari kegiatan ini yakni menggagas media pembelajaran yang terinspirasi dari program kuis di televisi menjadi media berbasis game quiz Who Wants to be a success. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan wawasan guru UPT SMPN 5 Tambang selaku peserta tentang media pembelajaran; dan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran dalam mengukur daya serap siswanya. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu: (a) tahap penjelasan materi dan aplikasi game quiz, dan (b) tahap pelatihan/praktik beberapa soal quiz game. Dari hasil demonstrasi dan praktik game quiz ini diketahui adanya semangat yang tinggi dari para peserta guru. Dari keseluruhan kegiatan ini diketahui sebanyak 78% terjadi peningkatan pengetahuan dan motivasi. Dengan pendampingan tim pengabdian, peserta telah mampu mengoperasikan game quiz: who want to be a success; setidaknya kegiatan pengabdian ini telah menggugah guru untuk melakukan variasi dalam pembelajaran yang bersentuhan dengan teknologi. Refleksi yang diungkapkan peserta diketahui bahwa perlu kegiatan pendampingan lebih lanjut agar guru dapat menguasai game quiz ini secara menyeluruh, mulai dari pembuatan soal multiple choice, penempatan soal, dan pengoperasian aplikasi game quiz.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i1.56531
Article Metrics
Abstract view : 437 timesPDF - 554 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.