FASILITASI PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR DAN LITERASI DIGITAL PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN AGAM
Abstract
Hasil observasi di MI Kab. Agam sebanyak 13 MI, pada umumnya jenjang Madrasah Ibtidaiyah yang dilaksanakan baru hanya sekedar sosialisasi konsep kurikulum merdeka saja belum ada ke bagian teknis pembuatan perangkat ajar. Hal ini tentu juga berpengaruh terhadap keterampilan guru dalam membuat perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. Dalam menyusun perangkat ajar di kurikulum merdeka sangat dituntut memanfaatkan lingkungan dan teknologi, hal ini dikarenakan tuntutan terhadap kebutuhan anak dengan lingkungan dan teknologi harus sejalan.Pengabdian ini menggunakan pendekatan adalah Community Based Research (CBR). Pengabdian ini dilaksanakan di MIN 5 Agam dengan pesertanya guru KKG MI Se Kabupaten Agam yang dilaksanakan pada 18-19 Agustus 2023. Pengabdian ini berdampak baik bagi guru sehingga guru PAI Kabupaten Agam telah mampu menyusun perangkat ajar pembelajaran PAI pada kurikulum merdeka dengan meintegrasikan Literasi Digital kedalamnya. Berdasarkan kegiatan pengabdian, guru PAI MI Agam telah mampu membuat perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran PAI yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka dan tantangan literasi digital di era digital. Selain itu,guru yang terlibat menyatakan bahwa kegiatan pengabdian itu bermanfaat. Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan dan berhasil. Selain itu, partisipasi dan keterlibatan peserta sangat baik. Di sisi lain, masih ada beberapa kekurangan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i3.56548
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF - 15 times
Refbacks
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.