DIGITAL TRANSFORMATION STRATEGY COMPETENCIES DEVELOPMENT TO CREATE SUSTAINABLE BUSINESS FOR MSMES IN BANDUNG CITY

Nina Nurani, Nurul Hermina, Vina Silviani Marinda, Sari Dewi Oktari, Andi Budiawan, Erwin Firdaus

Abstract


UMKM di Jawa Barat masih memiliki banyak keterbatasan, antara lain kurangnya permodalan untuk mengembangkan usaha, minimnya akses perijinan dan akses pemasaran produk, belum optimal dalam pemanfaatan teknologi informasi seperti e-commerce, serta kurangnya kemampuan para pelaku UMKM dalam manajemen bisnis skala UKM. Berdasarkan hal tersebut, tim pelaksana mengadakan kegiatan pelatihan dan penyuluhan yang terkait dengan tema “Digital Transformation Strategy Competencies Development to Create Sustainable Business for MSMEs in Bandung City”.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupa pemaparan materi mengenai bisnis pasar global dilaksanakan pada 26 Oktober 2023. Sebanyak 42 mitra UMKM KADIN Kota Bandung yang menghadiri kegiatan ini memiliki usaha di bidang kuliner, fashion, jasa dan perdagangan. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan berjalan dengan baik dan materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan kerja. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah diperlukannya program keberlanjutan dengan bantuan dosen Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Widyatama dan KADIN Kota Bandung untuk membangun technopreneurship dan kebersamaan antar komunitas UMKM melalui Forum Informasi/ Komunikasi media.


Keywords


Transformasi Digital, Kompetensi, UMKM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i2.56559

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.