PENGEMBANGAN LITERASI KEUANGAN MENUJU DAYA SAING PELAKU UMKM PADA NEGARA INDONESIA DAN JEPANG
Abstract
Pengabdian Pada Masyarakat ini berfokus pada Pengembangan Literasi Keuangan Menuju Daya Saing Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di dua negara, yaitu Indonesia dan Jepang. Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak antara pemahaman Keuangan dengan kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar kedua negara tersebut, menganalisis pengembangan Keuangan terhadap perkembangan UMKM di negara Indonesia dan Jepang. Serta, memahami apakah pembiayaan keuangan dapat meningkatkan akses modal bagi pelaku UMKM. Selain itu, memberi dampak dalam meningkatkan akses modal memperjelas peran keuangan dalam mendukung UMKM di kedua negara, peningkatan efisiensi, mengidentifikasi faktor - faktor yang dapat meningkatkan daya saing UMKM melalui Keuangan, dan menyediakan dasar bagi kebijakan yang dapat mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM melalui pendekatan Keuangan. Jenis pengabdian pada masyarakat yang dilakukan secara off line di Rikkyo University Jepang pada tanggal 21 Januari – 26 Januari 2024. Pengabdian pada masyarakat semacam ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang potensi keuangan dalam meningkatkan UMKM di kedua negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i2.56635
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.