PELATIHAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN ADAPTIF BERDIFERENSIASI PADA MAJELIS GURU SDN 091/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Budi Purnomo Universitas Jambi
  • Isrina - Siregar Universitas Jambi
  • Desy - Rosmalinda Universitas Jambi
  • Nelly - Indrayani Universitas Jambi

Keywords:

Berdiferensiasi, Guru, Pembelajaran dan Asesmen, Pelatihan.

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah  dapat ditinggkatkan dengan melakukan pelatihan kompetensi guru salah satunya adalah pelatihan Pembelajaran dan Asesmen Adaftif Berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, simulasi, dan sesi tanya jawab. Hasil yang diperoleh adalah guru-guru yang terlibat dalam pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan baik, terlibat aktif dalam simulasi, diskusi dan refleksi. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, dengan materi teori-teori yang mendasari, pengertian serta ciri-ciri pembelajaran adaptif berdiferensiasi, kelebihan dan tantangan, dan aspek-aspek serta strategi pembelajaran adaptif berdiferensiasi, rancangan dan implementasi adaptif berdiferensiasi dalam kegiatan pembelajaran, asesmen pada pembelajaran adaptif berdiferensiasi. Seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Downloads

Published

2025-08-04