LITERASI DIGITAL UMKM: PELATIHAN PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN UMKM

Anissa Lestari Kadiyono, Yus Nugraha, Reznu Seinandi, Reky Erlangga, Araminta Hadaya

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat turut meningkatkan penggunaan internet pada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menyumbang 99% dari jumlah pelaku bisnis di Indonesia juga mulai berpindah ke platform digital. Namun tidak mudah mengembangkan usaha UMKM menggunakan bantuan teknologi digital. Tujuan dari diadakannya pelatihan adalah melakukan literasi digital dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UMKM di Desa Mekarsari dalam memanfaatkan e-commerce dalam pengembangan usahanya. Program ini didasarkan pada community development yang dilakukan pada desa Mekarsari.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan pemanfaatan marketplace memberikan dampak positif terhadap keterampilan dan pemahaman pelaku UMKM di Desa Mekarsari. Sebagian besar peserta menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang teknologi dan kemampuan dalam memanfaatkan marketplace sebagai platform penjualan. Pelatihan ini memberikan dukungan bagi UMKM dalam menghadapi perubahan zaman dan memasuki pasar yang lebih luas. Diharapkan hasil dari program kerja ini dapat memberikan solusi nyata terhadap permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh UMKM di Desa Mekarsari.


Keywords


Literasi Digital; Pelatihan; Marketplace; Pengembangan UMKM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i4.61376

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.

 

slot gacor slot