Penerapan Pendidikan Multikultural berbasis Smart Aplikasi Multikultural (SAM) Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 26 Kota Surabaya
Keywords:
Teknologi, Multikultural, edukatif.Abstract
Sekolah Dasar Muhammadiyah 26 Kota Surabaya sebagai lokasi kegiatan pengabdian dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor kritis, seperti lokasi strategis dan lingkungan sekolah yang mendukung. Kurikulum berbasis Pendidikan Multikultural menggunakan Smart Aplikasi Multikultural (SAM) menjadi fokus utama, sejalan dengan tujuan pengabdian untuk mengoptimalkan penerapan pendidikan multikultural melalui teknologi. Tahap perencanaan mencakup riset mendalam, penyusunan proposal, dan koordinasi dengan pihak sekolah untuk menyusun jadwal pelaksanaan. Setelah persetujuan diperoleh, tim pengabdian merancang empat pertemuan dengan aktivitas edukatif yang beragam. Pelaksanaan kegiatan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, dengan penekanan pada pengenalan adab, agama, kebudayaan, dan multikulturalisme. SAM digunakan secara interaktif untuk menyampaikan materi secara menarik melalui permainan, aktivitas multikultural, serta gerak dan lagu, guna meningkatkan pemahaman dan semangat siswa. Evaluasi dilakukan setelah setiap pertemuan untuk menilai efektivitas kegiatan, mengidentifikasi kekurangan, dan memberikan saran perbaikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa SAM efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara menyenangkan, serta membantu siswa memahami dan menghargai keberagaman budaya. Secara keseluruhan, program pengabdian ini terbukti relevan dan bermanfaat sebagai media pembelajaran di tingkat sekolah dasar, dengan evaluasi yang efektif memastikan kualitas dan dampak positif dari kegiatan tersebut.Downloads
Published
2025-04-23 — Updated on 2025-04-24
Versions
- 2025-04-24 (3)
- 2025-04-23 (2)
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.