UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELURAHAN KLEGEN MADIUN MELALUI BELAJAR DI LUAR SEKOLAH
Abstract
Nilai matematika masih menjadi salah satu ukuran keberhasilan belajar yang diperoleh setelah siswa melalui serangkaian proses pembelajaran. Saat ini sebagian siswa masih menganggap pelajaran matematika menakutkan. Demikian juga yang dihadapi sebagian siswa di kelurahan Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Analisis situasi tersebut berangkat dari pendapat yang diperoleh dari siswa dan orang tuanya saat tim melakukan observasi. Di awal perubahan tatanan kehidupan setelah pandemi, siswa memperoleh pengetahuan melalui pembelajaran daring yang belum tentu dapat diketahui sampai di mana pemahaman materi. Dan saat ini, pembelajaran sudah dilakukan secara luring penuh, sehingga siswa perlu menyesuaikan proses penguatan materi. Untuk mendukung proses pembelajaran yang menarik, solusi yang ditawarkan yaitu upaya penyajian pembelajaran matematika dengan menyesuaikan kondisi siswa yaitu pembelajaran santai dan di luar kelas. Kegiatan pendampingan ini diperuntukkan bagi siswa kelurahan Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Metode yang dilakukan yaitu pendampingan belajar yang dilaksanakan di Lapak Bumi Semendung Jl. Bhakti Wijaya Kelurahan Klegen. Pada masa sekarang ini, pembelajaran telah dilakukan sebagian besar dengan luring penuh, siswa dituntut untuk segera menyesuaikan materi pelajaran, maka dipandang perlu mendampingi belajar siswa di luar sekolah. Luaran yang telah dicapai pada kegiatan pendampingan ini yaitu ada peningkatan hasil belajar Matematika kelompok siswa sebesar 8,621%.. Prosentase tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika setelah dilakukan pendampingan. Dengan demikian siswa perlu mendapatkan tambahan pendampingan belajar agar hasil belajar siswa meningkat.Downloads
Published
2025-03-07
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.