PENDAMPINGAN GURU-GURU SMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR DAN NUMERASI DI DESA AMBARITA KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Guru sebagai orang yang berhadapan langsung dengan siswa dituntut untuk memiliki keterampilan literasi dasar dan numerasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Faktanya masih banyak guru yang kurang mengembangkan kemampuan literasi dasar dan numerasinya dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan produktif. Untuk membantu guru mengembangkan kemampuan literasi dasar dan numerasi, perlu dilakukan pendampingan melalui program pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif melalui metode ceramah, diskusi interaktif dan pendampingan kepada guru mitra. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan wawasan dan kemampuan literasi dasar dan numerasi guru dalam merancang dan mengembangkan kegiatan pembelajaran IPA yang efektif dan produktif. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pembelajaran, bahan ajar, LKPD, media dan instrumen tes berbasis literasi dasar dan numerasi. Peningkatkan kemampuan guru ini, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi yang pengukurannya melibatkan permasalahan berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagaimana tertuang pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kemampuan bernalar tentang teks dan angka (literasi dan nurmerasi) yang meliputi keterampilan memilah serta mengolah informasi, berpikir logis-sistematis dan bernalar menggunakan pengetahuan.Downloads
Published
2025-02-25 — Updated on 2025-04-30
Versions
- 2025-04-30 (2)
- 2025-02-25 (1)
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.