DIGITAL TOURISM MARKETING: MENGANGKAT POTENSI WISATA DESA MANGKUBUMI DENGAN LITERASI DIGITAL

Authors

  • mukhtar abdul kader Universitas Galuh

Abstract

Era digital saat ini di sebut dengan era industri 4.0 telah merambah sampai ke pelosok pedesaan dimana masyarakat pedesaan tidak ketinggalan dengan teknologinya. Desa Mangkubumi merupakan desa di Kab. Ciamis yang memiliki banyak potensi Wisata yang dapat dikembangkan dan sampai saat ini masih belum di manfaatkan dengan baik. Literasi digital dalah hal yang sangat penting untuk setiap individu pada era digital, sama halnya dengan keperluan pemasaran pariwisata digital. Perkembangan industri pariwisata menjadi model baru, strategi pembangunan baru, sejalan dengan undang-undang desa dalam upaya meningkatkan ekonomi desa. Atas dasar itu, upaya menggali potensi wisata desa sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan perekonomian desa. Kendala yang dihadapi yaitu belum adanya sektor wisata dan belum terfokusnya pemerintah terhadap sektor pariwisata, sehingga tujuan pengabdian ini adalah membuat kelompok sadar wisata dan menemukan potensi wisata desa yang tersedia untuk selanjutnya dikembangkan dan dipromosikan melalui media digital. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data: Observasi, FGD, Ceramah dan Pendampingan. Hasil dari pengabdian ini bahwa desa mangkubumi terbentuknya Kelompok Sadar Wisata, kelompok pelestarian Hutan Pasarean Kramat Jati melalui karang taruna, Sosialisasi kepada masyarakat mengenai Pokdarwis dan Potensi Desa melalui pembuatan akun media sosial, barcode dan titik lokasi potensi wisata Desa Mangkubumi di google maps.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles