PELATIHAN PENGEMBANGAN MULTIPLATFORM SEBAGAI MEDIA AJAR SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATRA UTARA BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rizki Fadila Nasution STMIK Pelita Nusantara

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pendidikan semakin menjadi kebutuhan, terutama bagi guru tingkat sekolah dasar yang berperan penting dalam membentuk keterampilan awal anak, khususnya pada pembelajaran sastra yang sampai saat ini masih dianggap sebagai suatu pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Guru Bahasa Indonesia harusnya memiliki keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan yang harus dikuasai, terutama dalam menulis pantun, puisi, cerpen dan drama terkhusus karya sastra bermuatan kearifan lokal setempat agar materi ajar yang disampaikan langsung menyentuh kehidupan siswa. Program PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan media ajar sastra melayu Langkat berbasis multiplatform sebagai upaya untuk meningkatkan literasi digital para guru, sekaligus memperkaya metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi anak. Bentuk pengabdian ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan bahan ajar berbasis digital. Mitra yang menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah guru MGMP Bahasa Indonesia pada tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Langkat yang berjumlah 26 orang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan penggunaan media digital story, dan tahap monitoring serta penilaian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi berbasis digital dan mengembangkan konten pembelajaran yang interaktif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajar anak usia dini.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles