PELATIHAN PENGINTEGRASIAN E-LEARNING BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SEKOLAH

Authors

  • Muhammad Isnaini, M.Pd (Faculty of Engineering, Universitas Negeri Medan, Indonesia)

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpkm.v31i4.69265

Abstract

Pemanfaatan Learning Management System (LMS) menjadi salah satu strategi penting dalam mendukung pembelajaran berbasis teknologi. Namun, banyak guru Bahasa Prancis di Indonesia masih menghadapi keterbatasan dalam mengakses dan mengintegrasikan LMS ke dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penggunaan LMS Classe Vers Toi yang dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran Bahasa Prancis. Metode pelaksanaan dilakukan secara hybrid melalui sosialisasi, pelatihan dasar, pelatihan lanjutan, simulasi pengajaran, evaluasi, serta tindak lanjut. Lebih dari 40 guru terlibat dalam program ini dan secara bertahap dibimbing untuk membuat kelas virtual, mengunggah materi ajar, merancang kuis interaktif, serta mengintegrasikan media pendukung. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dengan skor rata-rata di atas 4,6 dari 5, dan lebih dari 70% guru telah berhasil mengimplementasikan Classe Vers Toi di sekolah masing-masing. Selain itu, terbentuk forum komunikasi daring yang berfungsi sebagai sarana berbagi praktik baik dan memperkuat jejaring profesional guru. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan terarah berbasis LMS tidak hanya meningkatkan keterampilan digital guru, tetapi juga mendorong lahirnya inovasi pembelajaran Bahasa Prancis yang lebih interaktif, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan generasi digital.

Downloads

Published

2025-11-03