OPTIMALISASI EDUKASI DAN KESADARAN KODE INTERNASIONAL PEMASARAN PRODUK PENGGANTI ASI MELALUI APLIKASI “PELANGGARANKODE” UNTUK PERLINDUNGAN GIZI IBU DAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpkm.v31i4.71166Abstract
Angka stunting dan permasalah gizi masih menjadi fokus utama permasalahan kesehatan di Indonesia. Sebab, angka ini menjadi salah satu tolok ukur indikator kesehatan suatu negara. Indonesia telah melakukan berbagai bentuk intervensi untuk mencegah dan menurunkan angka stunting ini. Namun, tantangan berupa keterbatasan manajemen, sumber daya, serta minimnya pemahaman tentang Kode Internasional Pemasaran Produk Pengganti ASI (PASI) menghambat efektivitas advokasi dalam rangka pencegahan angka stunting. Program pengabdian ini bertujuan mengoptimalkan platform digital “PelanggaranKode” sebagai sarana pelaporan pelanggaran kode PASI. Metode yang digunakan mencakup pelatihan manajemen, kolaborasi teknologi, kampanye kesadaran masyarakat, dan pembentukan kelompok pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan 80% capaian program pada pengurus mitra terlatih, 600 peserta terjangkau melalui kampanye, serta terbentuknya dua kelompok pendampingan. Meskipun capaian sosialisasi dan advokasi meningkat, jumlah laporan pelanggaran yang masuk ke platform masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan strategi kampanye digital yang lebih masif, pendampingan berkelanjutan, serta penguatan kolaborasi lintas sektor. Program ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran gizi ibu-anak, perlindungan menyusui, serta pencapaian target SDGs dan RIRN.Downloads
Published
2025-11-03
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
