PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SMA NEGERI 1 SUBAH

Oman Somantri, Taufiq Abidin, Dega Surono Wibowo, Slamet Wiyono

Abstract


                                                 Abstrak

 

Internet learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam rangka pengembangan proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMAN 1 Subah, maka konsep internet learning diterapkan. Metode kegiatan yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode ceramah dan praktek dengan menggunakan media sosial Edmodo dimana semua peserta pelatihan setelah mendapatkan materi yang disampaikan kemudian mempraktekan apa yang sudah diberikan implementasinya. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan pengetahuan dan pemahaman akan penerapan Internet learning melalui media sosial yang diberikan kepada para Guru SMAN 1 Subah yang ikut pelatihan tersebut dapat memberikan pemahaman baru mengenai terdapatnya media pembelajaran alternatif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, pada akhirnya sekolah SMAN 1 Subah mempunyai suatu metode konsep pembelajaran baru yang dapat dijadikan alternatif pembelajaran.

 

Kata kunci: Internet Learning, Edmodo, Guru

 

                                                    Abstract

 

Internet learning is an electronic learning process that is used as a learning medium implemented by every educational institution. In order to develop the learning process that is implemented in SMAN 1 Subah, the concept of internet learning is applied. The method of activities used to achieve the objectives of community service activities is by lecture method and practice by using social media Edmodo where all the trainees getting the material with is submitted then practice it. From the dedication activities in this community, it can be concluded that the knowledge and understanding of the application of Internet learning through social media given to the teachers of SMAN 1 Subah who is that participate in this training can provide new understanding about the existence of alternative learning media that can be used in the learning process in the classroom, finally SMAN 1 Subah has a new learning concept method that can be used as an alternative learning.

 

Keywords: Internet Learning, edmodo, Teacher


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i3.7455

Article Metrics

Abstract view : 1054 times
PDF - 972 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.