KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN BAGI SISWA SMK DI KOTA MEDAN

Imam Faisal Pane, Wahyu Abdillah, Chichi Asda Artha, Hesti Fibriasari

Abstract


Abstrak

Artikel ini menjelaskan tentang kegiatan dari pengabdian masyarakat sebagai salah satu kegiatan TRI DHARMA perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh dosen terhadap masyarakat yang membutuhkan terutama masyarakat diluar kampus. Pada kesempatan ini dilakukan kegiatan untuk para siswa Sekolah Menegah Kejuruan yang ada di Medan yaitu SMK Negeri 2 Medan dan SMK DWIWARNA Medan, kedua mitra ini memiliki jurusan menggambar bangunan/teknik. Masalah yang ada saat ini pada mitra adalah penerapan prinsip disain didalam kegitan menggambar bangunan belum optimal. Untuk itu solusi yang ditawarkan adalah mengadakan pelatihan untuk membekali para siswa ketrampilan menggambar lewat pendekatan disain. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah mengadakan sesi pelatihan dengan modul pelatihan CAD dan 3D Modelling dengan jadwal yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. Kegiatan ini merupakan transfer ilmu pengetahuan di bidang CAD dan 3D Modelling yang juga dipelajari dan digunakan dalam proses pembelajaran di Departemen Arsitektur USU. Oleh karena itu pengetahuan ini diberikan dalam bentuk pelatihan agar dapat menambah wawasan dalam penguasaan teknologi terkini.
Kata kunci: SMK, Pelatihan, Menggambar Bangunan

Abstract

This article described the activities of community service as one of the activities of Three university’s obligations. This devotional activity was done by lecturers to the community in need, especially the community outside of the campus. On this occasion, there were activities for Vocational High School students in Medan, SMK Negeri 2 Medan and SMK DWIWARNA Medan, both partners have building / engineering drawing major. The current problem with partners was the application of design principles in drawing the building which had not been optimal yet. For that case, the solution offered was conducting the training to equip the students with drawing skills through design approach. The method of implementation of this activity was holding a training session with CAD and 3D Modeling training modules with a schedule associated to the school conditions. This activity was a transfer of science in the field of CAD and 3D Modeling which was also studied and used in the learning process at the Department of Architecture USU. Therefore this knowledge was given in the form of training in order to add insight in the mastery of the latest technology.
Keywords: Vocational High School (SMK), Training, Building Drawing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8602

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 301 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.