PENINGKATAN MANAJEMEN DATA MELALUI SISTEM APLIKASI POSYANDU DI KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Lailil Muflikhah, Daneswara Jauhari, Indriati Indriati

Abstract


Abstrak

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan upaya dari masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memberikan layanan kesehatan dasar secara mudah dan ekonomis.Namun kurangnya partisipasi dari masyarakat akan pentingnya Posyandu mendorong dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan membuat sistem aplikasi berbasis android. Sistem ini ditujukan untuk pencatatan selama kegiatan posyandu dan pemberian informasi seputar kegiatan informasi serta perkembangan balita. Adapun tahapan kegiatan dimulai dengan surveykegiatan terkait dengan analisis kebutuhan sistem, perancangan dan implmementasi sistem, tahapan selanjutnya adalah pelatihan terhadap pemakai aplikasi, baik bagi kader posyandu maupun ibu balita. Tahap akhir merupakan evaluasi terhadap tingkat kegunaan sistem bagi petugas dan peserta posyandu. Berdasarkan hasil kuisioner diperoleh bahwasannnya sistem aplikasi tersebut telahmemenuhi kebutuhan untuk dioperasikan secara efektif (83.67% responden), efisien (65% responden) dengankemudahan (89.3% responden) serta 79% menyatakan tingkat kepuasan yang relatif tinggi.
Kata kunci: android, kader, kesehatan, posyandu, sistem

Abstract

Integrated Service Post (Posyandu) is an effort of the community in improving public health by providing basic health services in effective and efficient. However, the lack of participant on the importanceof Posyandu encourages this community service to develop application system based on android. Thissystem is intended for reserving the data information including cadre of Posyandu and children under five. First, survey activities related to system requirements analysis, design and implementation of the system. The next stage is training on application users, eithercadre orchildren’s parent. The final stage is usability evaluation of application system. Based on questionnaire, the evaluation result is effectively rate of 83.6%, efficiently rate of 65%, easily rate of 89.3%, and satisfaction rate of 79.3%.
Keywords: android, cadre, health, posyandu,system


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8606

Article Metrics

Abstract view : 900 times
PDF - 1409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.