PENGUATAN SINERGITAS PENGELOLA PASAR TRADISIONAL DENGAN PEDAGANG DAN MASYARAKAT DI KAWASAN KOTA TERPADU MANDIRI RASAU JAYA MELALUI PENDAMPINGAN KKN-PPM TAHUN 2017

Ngusmanto Ngusmanto, Nuraini Asriati, Wan Mansor Andi Mulia

Abstract


Abstrak

Penguatan Sinergitas stakeholders Pasar Tradisional melalui Pendampingan KKN-PPM dilatar-belakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang saling terkait yaitu pengelola pasar kurang menjalankan tugas pokok dan fungsinya, pegagang pasar belum tertib, pasar dan lingkungannya terlihat kumuh, sebagian pedagang meminjam uang kepada pemilik modal dengan bunga yang tinggi dan minat konsumen berbelanja tergolong masih minim. Oleh karena itu, program ini mempunyai tujuan untuk penguatan manajemen pengelola pasar dan membangun kerjasama yang sinergis antar stakeholders yang menguntungkan. Untuk mewujudkan tujuan, implemetasi kegiatan difokuskan pada pemberdayaan manajamen pengelola pasar dan penguatan kerjasama yang sinergis antar stakeholders. Pemberdayaan manajamen dilakukan melalui diskusi pengurus serta evaluasi tugas pokok dan fungsi serta didampingi serta penetapan bendahara, sedangkan penguatan kerjasama yang sinergis antar stakeholders dilakukan melalui penertiban dan gerakan kebersihan kios dan lapak, dengan dukungan petugas kebersihan, ajakan kepada warga desa rasau Jaya I, II, III dan Rasau Jaya Umum untuk hadir berbelanja dan peringatan hari konsumen melalui berbaga acara lomba dan hiburan yang dapat menarik perhatian publik serta pembentukan koperasi pasar. Hasilnya, pengelola pasar dapat lebih berfungsi, konsumen pasar makin ramai dan pedagang makin meningkat keuntungnnya serta pasar dan lingkungannya terlihat lebih bersih.
Kata Kunci : Penguatan, sinergitas, pengelola pasar, pedagang dan masyarakat

Abstract

There are several reasons why the traditional market should be strengthening through KKN-PPM, that is: market management does not function correctly, the trader is not orderly and still borrow money from the loan shark, the market environment looks likes shabby, and the consumer is less interested in going to traditional market. The purpose of KKN-PPM is to establish cooperation between various traditional market stakeholders such as local government as market owner, market management, trader, distributor, and consumer. To achieve these goals, KKN-PPM executes several programs such as program evaluation based on participative mechanism, build the social movement to protect and cleaning the market environment, and launching various event in Consumer Day. The result is that the market management can function correctly, consumer willing to go to traditional market, the trader can get more profit, and market environment is clean and beautiful.
Keywords: Strengthening, synergy, market management, traders and community


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i1.9066

Article Metrics

Abstract view : 407 times
PDF - 730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.