PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGANMODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN BLENDED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN

Nurliani . Manurung, Ribkha . Pasaribu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan Blended Learning pada siswa SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan semester II T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel  penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen I yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Blended Learning dimana masing-masing jumlah sampel 32 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi oleh tim ahli. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TGT adalah 89 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 84. Nilai rata-rata posttest pada kelas Blended Learning adalah 78,81 dengan nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 94. Dari uji hipotesis data posttest pada kedua sampel diperoleh t> t( 7,3238 > 1,66667) artinya bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2017/2018.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Team Games Tournament, Blended Learning

 

ABSTRACT

This study is an experimental research that aims to determine the results of learning mathematics students are taught with cooperative learning model Team Games Tournament (TGT) and Blended Learning in students of SMA Negeri 3 Medan. Population in this research is all student of class X SMA Negeri 3 Medan semester II T.P. 2017/2018 consisting of 10 parallel classes. The sample of this research is class X MIA 4 as experiment class I that have trigonometry lesson material by using cooperative learning model type TGT and class X MIA 3 as experiment class II which have trigonometric learning material by using cooperative learning model Blended Learning where each amount sample 32 people in the class. This study uses the test instrument that is pretest and posttest that form a description that has been validated by a team of experts. From the results of pretest data analysis concluded that the same sample has the same initial ability. The average posttest value in the TGT class was 89 with the lowest score of 76 and the highest score of 84. The mean posttest grade in the Blended Learning class was 78.81 with the lowest score of 66 and the highest score 94. From the hypothesis test the posttest data on the samples obtained t> t (7,3238> 1,66667) means that the result of learning mathematics of students who are taught by cooperative learning model of Team Games Tournament (TGT) is higher compared with the result of learning mathematics of students learning with Blended Learning model in class X SMA Negeri 3 Medan T.A 2017/2018.

Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Team Games Tournaments, Blended Learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M., (2010),Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Aunurrahma, (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Ansari, Bansu I., (2016),Komunikasi Matematik (Konsep dan Aplikasi), PeNA, Banda Aceh

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2011), Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan FMIPA UNIMED, FMIPA UNIMED, Medan

Hamdani,(2011),Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Pustaka Setia

Hendrowati, (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi dan Akomodasi Teori Konstruktivisme Piaget. Jurnal e-DuMath. Vol. 1 No. 1, hal 1-16.

Husamah, (2014), Pembelajaran Bauran (Blended Learning, Prestasi Pustakaraya, Jakarta

Isjoni, (2007), Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Alfabeta, Bandung

Jui, P. Lung, C. Wen, Y. (2017), The Effect of Blended Learning in Mathematics Course, EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, Vol.13, No. 3 (2017)

Nu’man, (2014). Efektifitas penerapan E-Learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal e-DuMath Volume 7 Nomor 1, ISSN: 2086-9436

Kadir, (2013), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2 (2013)

Khadijah, (2013), Belajar dan Pembelajaran,Perdana Mulya Sarana, Bandung

Nur, Ainun (2015), Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament, Jurnal Peluang, Vol. 4, No. 1(2015), ISSN: 2302-5158

Purwanto, (2011), Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Richard, C. (2014),Open Educational Resources For Blended Learning In High Schools: Overcoming Impediments In Developing Countries, Journal of Asynchronous Learning Networks, Volume 12: Issue 1 (2014)

Rusman, (2014), Model-model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta

Salam,A. Hossain, A,(2015). Effects of Using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal of Educational Technology 3(3) : 101-102.

Slavin,Robert, (2009).CooperativeLearning(Teori,Riset,danPraktik).(Alih bahasa: NarilitaYusron).Bandung: NusaMedia

Sudjana, (2005),Metoda Statistika, Tarsito, Bandung

Sulihin, Syukur, (2012), Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3 (2015)

Sundayana, (2015), Statistika Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung

Surya, E. Nova, E. (2017). The Influence of Teams Games Tournament Cooperative Learning Model on Students’ Creativity Learning Mathematics. International Journal of Sciences Basic and Applied Research, Vol. 34, No. 1 (2017) ISSN: 2307-4531

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i1.13519

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter