PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SIEMPATNEMPU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share Kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B dan VII-A sebanyak 64 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa essay sebanyak 5 soal. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray adalah 37,9688 dengan simpangan baku 2,234 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah 36,16 dengan simpangan baku 2,357. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak, dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,15 dengan kriteria pengujian terima Ho dan terima Ha jika -1,9993 < thitung < 1,9993 sehingga terlihat bahwa thitung tidak berada dalam interval tersebut yang berarti Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share Kelas VII SMP Negeri 3 Siempatnempu tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan think pair share dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khusunya pada materi himpunan.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, Quasi Eksperimen, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share.
ABSTRACT
This study aims to determine whether there are differences in problem solving skills of mathematics students through cooperative learning model type two stay two stray with cooperative learning model type think pair share Class VII SMP Negeri 3 Siempatnempu academic year 2017/2018. The population in this research is all students of class VII of SMP Negeri 3 Siempatnempu and sample in this research is class VII-B and VII-A counted 64 people. This type of research is quasi experiment. Required data is obtained by using math problem solving test in the form of essay of 5 questions. From the results of data analysis obtained the average test results of students' mathematical problem solving skills through cooperative learning model type two stay two stray is 37,9688 with standard deviation 2,234 and the average result of problem solving ability of student mathematics problem through cooperative learning model type think pair share is 36.16 with standard deviation 2,357. To test the hypothesis used t-test two parties, from the calculation results obtained tcount = 3.15 with the acceptance test criteria Ho and accept Ha if -1,9993 <tcount <1.9993 so it appears that tcount is not within the interval that means Ho is rejected. Then it can be concluded that there are differences in problem solving skills of mathematics students through cooperative learning model type two stay two stray with model of cooperative learning type think pair share Class VII SMP Negeri 3 Siempatnempu academic year 2017/2018. Based on the results of this study, cooperative learning model type two stay two stray and think pair share can be used as an alternative effective learning model to improve students' math problem solving skills especially on the set material.
Keywords: problem solving ability, Quasi Eksperimen, cooperative learning model type two stay two stray, cooperative learning model type think pair share.
Full Text:
PDFReferences
Das, Ranjan., Das, Gunendra Chandra., (2013), Math Anxiety: The Poor Problem Solving Factor in School Mathematics, International Journal of Scientific and Research Publications, Vol.3, No.4, ISSN 2250-3153.
Hamzah, Ali., (2014), Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika, PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Hossain, Anowar., Tarmizi, Rohani Ahmad., (2013), Effects of Cooperative Learning on Students’ Achievement and Attitudes in Secondary Mathematics, Procedia-Social and Behavioral Sciences, Hal 473-477.
Kemendikbud., (2014), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, Kemendikbud, Jakarta.
Kusuma, Fitriana Anggar., Budiyono., Subanti, Sri., (2014), Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.2, No.4, ISSN 2339-1685.
Kusumaningrum, Ratih., Budiyono., Subanti, Sri., (2015), Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.3, No.7, ISSN 2339-1685.
Nurhayat., Siswantoro., dan Darsono., (2016), Perbandingan Two Stay Two Stray Dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar, Jurnal Pedagogi, Vol.4, No.4.
Trianto., (2016), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Widiastuti, Erna Sri., Rufiana, Intan Sari., (2015), Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pendidikan Berkemajuan, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i3.23192
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :