MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERBANTUAN LAS PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X IPA 2 SMA SWASTA RAKSANA MEDAN
Abstract
This study aims to look at improvements in mathematics students who include knowledge, skills and attitudes through a scientific approach assisted by LAS on trigonometric material in class X IPA 2 Raksana Medan Private High School. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were all students of class X IPA 2 Medan Raksana Private High School totaling 43 people. The research instrument used was observation, test and documentation study then analyzed with descriptive techniques. Learning test results are given in the form of Essay Test. The test was given twice, namely Post test I and Post test II, each with 5 questions. The results showed that the Scientific Learning Approach can improve student learning outcomes listed on Cognitive, Affective and Psychomotor aspects on trigonometry subjects by using five steps, namely: (1) Observing, (2) Asking, (3) Associating, (4) Collecting Information, and (5) Communicate.
Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes, Learning Activities
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui pendekatan saintifik dengan berbantuan LAS pada materi trigonometri di kelas X-IPA-2 SMA Swasta Raksana Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 SMA Swasta Raksana Medan yang berjumlah 43 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan studi dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Tes hasil belajar diberikan dalam bentuk Essay Test. Tes diberikan sebanyak dua kali yaitu Post test I dan Post test II, masing-masing sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan Pembelajaran Saintifik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa yang tercantum pada aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada pokok bahasan trigonometri dengan menggunakan lima langkah yaitu : (1) Mengamati, (2) Menanya, (3)Mengasosiasi, (4) Mengumpulkan Informasi, dan (5) Mengkomunikasikan.
Kata Kunci : Approach Scientifik, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono., (2012), Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit, Rineka Cipta, Jakarta.
Arifin, Zainal., (2016), Evaluasi Pembelajaran, Penerbit, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Arikunto, Suharsini., (2012), Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit, Bumi Aksara, Jakarta.
Armiati., (2015), Implementation of Scientific Approach To Learning Mathematics as A Means Perform Mental Revolution, Jurnal Prosiding Semirata, 74 –85.
Dimyati., dan Mudjiono., (2013), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit, Rineka Cipta, Jakarta.
Fitri, Rahma., Helma., dan Hendra Syarifuddin., (2014), Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Nege 1 Batipuh, Jurnal Pendidikan Matematika, 3 ( 1), 18 – 22’
Hasanah, M., Surya, E., (2017), Differences in the Abilites of Creative Thinking anProblem
Solving of Students in Mathematics by Using Cooperative Learning and Learning of
Problem Solving, International Journal of Sciences: Basic and Applied Researceh, 43:
-299.
Hasratuddin., (2015), Mengapa Harus Belajar Matematika, Penerbit, Perdana Publishing, Medan.
Heryati., Yeti., Muhsin, Mumuh., (2014), Manajemen Sumber Daya
Pendidikan, Penerbit, PUSTAKASETIA, Bandung.
Kamal, Syamsir., (2015), Implementasi Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan matematika, 1 (1), 56 – 64
Khatimah, Husnul., Kamid., Jefri Marzal., (2015), Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori Apos Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika, jurnal Edu-Sains, 4 (2), 25 – 29
Mailani, Elvi., (2011), Pengembangan Buku ajar Geometri Dan Lembar Aktivitas Siswa Kelas V SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi, jurnal PGSD, 1-16
Munawarah, M., Surya, E., (2017),An Analysis of the Difficulties in Learning Mathematics
by Using Scientific Approach at SMA Negeri 3 Manyak Payed, International Journal of
Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33: 94-104
Musfiqon., dan Nurdyansyah., (2015), Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Penerbit, Nizama Learning Center, Sidoarjo.
Purwanto., (2011), Evaluasi Hasil Belajar, Penerbit, PUSTAKA PELAJAR, Yogyakarta.
Rusindrayanti, dan Rusgianto H.S., (2015), Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Kurikulum 2013 DIY, Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1), 80 – 94
Sagala, Syaiful., (2005), Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit, ALFABETA, Bandung
Sani, Ridwan Abdullah. , Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013, Penerbit, PT bumi Aksara, Jakarta.
Simamora, dkk, (2017), Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill
through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School, International Journal of
Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2): 321-331
Suhana, Cucu., (2014), Konsep Strategi Pembelajaran, Penerbit, PT Refika Aditama, Girang. Veronika, Citra., Djoko A.S., dan Tri
Candra W., (2016), Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa, Jurnal Pendidikan
Matematika, 1 (10), 19.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i3.24073
Article Metrics
Abstract view : 92 timesPDF - 65 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :