PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara disiplin belajar terhadap kemampuan penalaran matematis serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Pantai Cermin, dengan sampel sebanyak 32 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes uraian (essay) yang terdiri dari 15 butir pernyataan untuk angket minat belajar, 15 butir pernyataan untuk angket disiplin belajar siswa dan 4 butir soal untuk tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui statistic deskriptif, analisi regresi dan koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Minat belajar (X1) terhadap variabel kemampuan penlaran matematis (Y) dengan nilai = 2,105 dan koefisien determinasi sebesar 0,129 atau 12,9%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa adalah lemah. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar (X2) terhadap variabel kemampuan penalaran matematis (Y) dengan nilai = 2,643 dan koefisien determinasi sebesar 0,189 atau 18,9%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel disiplin belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa adalah lemah. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel minat belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) secara bersama-sama terhadap variabel kemampuan penalaran matematis (Y) dengan nilai = 4,785 dan koefisien determinasi sebesar 0,248 atau 24,8%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel minat belajar dandisiplin belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa
ABSTRACT
This study is a descriptive study with a correlational research design which aims to determine whether there is an influence of interest in learning on mathematical reasoning abilities, to determine whether there is an influence between learning disciplines on mathematical reasoning abilities and to determine whether there is an influence of interest in learning and learning discipline together. on the mathematical reasoning ability of seventh grade students. The population of this study were all seventh grade students of SMP N 1 Pantai Cermin, with a sample of 32 students taken using random sampling technique. The instrument for collecting data in the study was in the form of an essay test consisting of 15 statements for a learning interest questionnaire, 15 statements for a student learning discipline questionnaire and 4 questions for a mathematical reasoning ability test. The data analysis technique used is descriptive statistics, regression analysis and multiple correlation coefficients. The results showed: 1) There was a positive and significant effect between the variable interest in learning (X1) on the variable mathematical reasoning ability (Y) with a value of t_count = 2,105 and a coefficient of determination (R2) of 0,129 or 12,9%. This shows that the effect of the variable interest in learning on students' mathematical reasoning abilities is weak. 2) There is a positive and significant effect between the learning discipline variable (X2) on the mathematical reasoning ability variable (Y) with a value of t_count = 2,643 and a coefficient of determination (R2) of 0,189 or 18,9 %. This shows that the influence of learning discipline variables on students' mathematical reasoning abilities is weak. 3) There is a positive and significant effect between the variables of interest in learning (X1) and learning discipline (X2) together on the variable of mathematical reasoning ability (Y) with a value of F_count = 4,785 and a coefficient of determination (R2) of 0,248 or 24,8 %. This shows that the effect of the variables of interest in learning and learning discipline together on students' mathematical reasoning abilities.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2018. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinysa. Jakarta: Rineka Cipta.
Ainun, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis
Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Vol. 1. No.4
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Awaliyah, W dan Fitrianna, A.Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Vol. 1. No. 2.
Burais, L, Ikhsan, M dan Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Vol. 3. No. 1. 3 (1): 77-86.
Darmawan, Y. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Pada Siswa Kelas X.
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: EDIRA.
Khairani, M. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta: PT Aswaja Pressindo
Prasasty, A. T. (2017). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Bina
Karya Insan Tangerang Selatan. Vol.1. No.1
Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA AL- MUBAROK Melalui Pendekatan Saintifik Berbantu Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education.01(3).
Saragih, S dan Rahmiyana. (2013). Peningkatan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di kecamatan Simpang Ulim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. 19(2).
Sipayung, A. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Tentang Sifat-sifat Bangun Ruang sederhana Melalui Contextual Teacing and Learning.7(3).
Sobandi, A dan Nurhasanah, S. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 135- 142.
Sugiono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif., kualitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta.
Sulistyowati, S. 2001. Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien.
Pekalongan:Cinta Ilmu.
Tu'u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT
Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.33915
Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF - 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :