PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII

Nia Khairani ., Mariani . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Design . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian ialah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 di MTs Swasta Islamiyah Kotapinang. Siswa kelas VII-1 berperan sebagai kelas eksperimen dengan banyak siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa sebanyak 32. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf siginifikansi 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.

Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Media Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Matematis

  

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, I., Wardono & Kartono.(2018). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi.Prosiding Seminar Nasional Matematika (608-617). Semarang : UNNES

Alan, U.F. & Afriansyah, E.A. (2017).Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1):68-80

Anitah, Sri. (2011). Media pembelajaran. Surakarta: UNS Press

Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017).Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa.JPPM, 10(2):182-193

Fadhli, Muhibuddin. (2015).Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas IV sekolah dasar.Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1):24-29

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model pembelajaran inovatif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Gusmania, Yesi & Wulandari, Tri.(2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Pythagoras, 7(1):61-67

Holisin, Iis. (2007). Pembelajaran matematika realistik (PMR).Didaktis, 5(3):45-49

Jarmita, N. & Hazami.(2013). Ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada materi perkalian.Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2):212-222

Mulyani, A., Indah, E.K.N. & Satria, P.S. (2018).Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bentuk aljabar.Mosharafa: Jurnal pendidikan matematika, 7(2):251-262

Muna, D.N. & Afriansyah, E.A., (2016).Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerencing dan number head together. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2):169-176

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1):19-35

Pasaribu, E.Z., Ritonga, M.W., & Hasibuan, N.D. (2019).Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistic terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs. Al-Washliyah simpang Marbau.Pena Cendekia, 1(2):xx-xx

Putra, H.D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018).Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP di Bandung Barat.JPPM, 11(1):19-30

Sari, Arnida & Yuniati, Suci.(2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2):71-80

Suardi, M., Ariprabowo, T. & Syofrianisda.(2017). Dasar-dasar pendidikan.Yogyakarta : Parama Ilmu

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujana, I Wayan Cong. (2019).Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia.Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1):29-39.

Sundayana, Rostina. (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika: untuk guru, calon guru, orang tua, dan pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.

Surya, E. 2013.Peningkatan Kemampuan Representasi Visual Thinking Pada Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Surya, E. 2012. Upaya pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Tematik, 1(08), 1-14.

Windayanti, Putu, Saleh,& Prajono, Rahmad. (2020). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran matematika knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran.Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2):323-336

Wijaya, Ariyadi. (2011). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34022

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing By :

    

 

Flag Counter