PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII dan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Design . Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian ialah siswa kelas VII-1 dan siswa kelas VII-2 di MTs Swasta Islamiyah Kotapinang. Siswa kelas VII-1 berperan sebagai kelas eksperimen dengan banyak siswa sebanyak 32 siswa, dan kelas VII-2 berperan sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa sebanyak 32. Instrument penelitian berupa pretest dan posttest. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf siginifikansi 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbasis media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.
Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis Media Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Matematis
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, I., Wardono & Kartono.(2018). Pengembangan literasi matematika mengacu PISA melalui pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi.Prosiding Seminar Nasional Matematika (608-617). Semarang : UNNES
Alan, U.F. & Afriansyah, E.A. (2017).Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1):68-80
Anitah, Sri. (2011). Media pembelajaran. Surakarta: UNS Press
Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017).Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa.JPPM, 10(2):182-193
Fadhli, Muhibuddin. (2015).Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas IV sekolah dasar.Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1):24-29
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model pembelajaran inovatif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Gusmania, Yesi & Wulandari, Tri.(2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Pythagoras, 7(1):61-67
Holisin, Iis. (2007). Pembelajaran matematika realistik (PMR).Didaktis, 5(3):45-49
Jarmita, N. & Hazami.(2013). Ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada materi perkalian.Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2):212-222
Mulyani, A., Indah, E.K.N. & Satria, P.S. (2018).Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bentuk aljabar.Mosharafa: Jurnal pendidikan matematika, 7(2):251-262
Muna, D.N. & Afriansyah, E.A., (2016).Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerencing dan number head together. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2):169-176
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik.Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1):19-35
Pasaribu, E.Z., Ritonga, M.W., & Hasibuan, N.D. (2019).Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistic terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa di MTs. Al-Washliyah simpang Marbau.Pena Cendekia, 1(2):xx-xx
Putra, H.D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018).Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP di Bandung Barat.JPPM, 11(1):19-30
Sari, Arnida & Yuniati, Suci.(2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2):71-80
Suardi, M., Ariprabowo, T. & Syofrianisda.(2017). Dasar-dasar pendidikan.Yogyakarta : Parama Ilmu
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujana, I Wayan Cong. (2019).Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia.Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1):29-39.
Sundayana, Rostina. (2016). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika: untuk guru, calon guru, orang tua, dan pecinta matematika. Bandung: Alfabeta.
Surya, E. 2013.Peningkatan Kemampuan Representasi Visual Thinking Pada Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Surya, E. 2012. Upaya pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Tematik, 1(08), 1-14.
Windayanti, Putu, Saleh,& Prajono, Rahmad. (2020). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran matematika knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran.Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2):323-336
Wijaya, Ariyadi. (2011). Pendidikan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v8i1.34022
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :