PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIIISMPNEGERI 2 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tanjung Morawayang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasipembelajaran untuk peneliti meningkat dari 2,74 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,11 dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tes diagnostik diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (≤75) adalah 20,59% dan nilai rata-rata kelas 53,41. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 67,65% dan nilai rata-rata kelas 73,44. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa adalah 85,29% dan nilai rata-rata kelas 75,73. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 2,29. Dari hasil analisis data juga diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah 17,64%.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa T.A 2014/2015.
Kata Kunci : Inkuiri, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Abdurrahman, M., (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S., (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.
Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.
Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpmi.v2i1.8931
Article Metrics
Abstract view : 112 timesPDF - 137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing By :