PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLAY TEACH PLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKALPINANG

Widati Amalin Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang dengan menerapkan model pembelajaran play teach play. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu dengan jenis rancangan pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang yang berjumlah tujuh kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII D berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung = 5,041 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran play teach play yang digunakan dalam pembelajaran penjas pada materi passing bawah bola voli.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index