PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLAY TEACH PLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKALPINANG

Widati Amalin Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang dengan menerapkan model pembelajaran play teach play. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu dengan jenis rancangan pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang yang berjumlah tujuh kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII D berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung = 5,041 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran play teach play yang digunakan dalam pembelajaran penjas pada materi passing bawah bola voli.


Full Text:

PDF

References


Joyce, Bruce Dkk., 2009. Model Of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kuhrach, Cindy. 2007. Pengaruh Pre-Intruksi, Bermain-belajar-bermain, dan Pengelolahan pengalaman Terhadap keterampilan Karakter. Jurnal Jasmani dan Olahraga Pendidikan. Diakses dari http://eric.ed.gov/?id=EJ794522 (pada tanggal 14 maret 2017).

Maksum, Ali. 2012. Metode Penelitian Dalam Olahraga, Semarang: Unesa University Press.

Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik.. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Risyanto, Aris. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Play Teach Play Terhadap peningkatan Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan jasmani. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://revository.upi.edu/16978/ (pada tanggal 14 maret 2017).

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Alfabeta cv.


Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License