PENGARUH PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP SELF ESTEEM DITINJAU DARI IDENTITAS SOSIAL DAN KESETARAAN GENDER PADA SEKOLAH PEMBAURAN

Yustinus Tarigan, Tarsyad Nugraha, Nurhayati Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Identitas Sosial; (2) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Kesetaraan Gender; dan (3) Pengaruh Pendidikan Jasmani terhadap Self Esteem. Metode Penelitian yang digunakan ialah survey dengan angket/kuesioner dan juga dokumentasi serta untuk menganalisis hubungan masing – masing variabel dengan analisis jalur (path analysis), dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Instrumen penelitian berupa angket tentang Pendidikan Jasmani, Identitas Sosial, Kesetaraan Gender dan juga Self Esteem. Sebelum melakukan analisis data dengan analisis jalur, terlebih dahulu melakukan pengujian persyaratan analisis data diantaranya dengan uji normalitas, uji kelinieran dan keberartian regresi, dan uji homogenitas, dengan Analisis Variansi pada taraf signifikansi a sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Jasmani secara langsung memberikan pengaruh terhadap Identitas Sosial, Kesetaraan Gender dan juga Self Esteem. Besarnya pengaruh langsung (1) Pendidikan Jasmani terhadap Identitas Sosial adalah 38,6%, (2) Pendidikan Jasmani terhadap Kesetaraan Gender adalah 22,3%, dan (3) Pendidikan Jasmani terhadap Self Esteem adalah 60 %.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.

Daryati. 2012. Integrasi Perspektif Adil Gender Dalam Pendidikan di Sekolah Menengah Atas (Studi kasus SMAN 6 Surakarta). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret,2012. Jurnal Sosialitas : Vol.2 No.1 Tahun 2012.

Eunike Rustiana.2011. Efek Psikologis dari Pendidikan Jasmani ditinjau dari Teori Neurosains dan Teori Kognitif Sosial. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Universitas Negeri Semarang. Vol.1.Edisi 2. Desember 2011. ISSN: 2088-6802.

Harjasuganda, Djukanda. 2008. Perkembangan Konsep Diri yang Positif pada Siswa SD sebagai dampak penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam proses Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Dasar.No 9 – April 2008.

Heren Puspitawati. 2013. Konsep, Teori dan Analisis Gender.Depatermen ilmu Keluarga dan Konsumen. Fakultas Ekologi Manusia – Institut Pertanian Bogor 2013.

Joko Tri Haryanto. 2013. Dinamika Kerukunan Intern Umat Islam dalam Relasi Etnisitas dan Agama di Kalimantan Tengah. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang. Volume 20 nomor 01.

Martin and Smith. 2015. Brain Boost, how sport and physical activity enhance children’s learning. Australia.

Nirmalasari, Leli dan Masusan, Khairatu. 2014. Self Esteem, Gender dan Prestasi Kerja (Study Pada Penyiar Radio Di Kota Bandung). STIE STEMBI – Bandung Business School. eJournal, Vol XI, No.2 – 2014.

Pradhana, Raden Bagus. 2015. Self – Esteem hubungannya dengan penyalahgunaan narkotika dan obat – obatan berbahaya pada siswa SMK negeri 2 Batu Malang.Jurnal Konseling Indonesia (JKI). Vol. 1 No. 1, Oktober 2015.

Riska Meganingrum. 2017. Hubungan antara Idetitas Sosial dengan Kecendrungan Perilaku Konsumtif pada Penggemar Batu Akik dan Batu Muliadi Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Volume 6 (1), 365 – 373.

Soemosasmito, Soenardi. 1988. Dasar Proses dan Efektivitas Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. DEPDIKBUD. Jakarta.

Suharjo. 2015. Pentingnya Pendidikan Jasmani bagi setiap Peserta Didik. Jurnal Pedagogik Keolahragan, Vol01.No 01, Januari-Juni 2015,1-12.

The Sport Journal.2008. Results and Recommendations of the World Summit on Physical Education. U.S. Sport Academy. February 13, 2008. 1-15.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v5i1.14488

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA

License URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/index

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.