HASIL PEMBENTUKAN KARAKTER ATLET PELAJAR DI PPLP SUMATERA UTARA TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v5i2.17891Abstract
Penelitian ini terfokus pada lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yang menjadi prioritas pengembangan gerakan PPK; yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan. Dalam hal pembentukan karakter, pendidikan mengambil peran yang penting dalam hal ini. Tujuan peneliti dalam penelitian adalah melihat hasil pembentukan karakter atlet pelajar di Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode experimen dengan pendekatan expost facto dengan atlet PPLP sumatera utara sebagai populasi. Sampel penelitian berjumlah 16 orang atlet dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive random sampling . Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil olah data yang telah peneliti lakukan bahwa siswa yang berada pada lingkungan sekolah atlet pelajar mempunyai karakter rata “ rata 89,75. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahawa hasil pembentukan karakter atlat pelajar di Sumatera Utara dikategorikan baik. Kata Kunci : Karakter. Atlet. Sumatera Utara.References
Akhmad, I. (2015). Efek Latihan Berbeban Terhadap Fungsi Kerja Otot. Jurnal Pedagogik Olahraga, 1(2), 80“102.
Bangun, Sabaruddin Yunis. 2016. Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation. Vol 1, No 1. Hal 70-77.
Karo-karo, A. A. P., Sinulingga, A., & Dewi, R. (2018). Character Building in Full Day School, Extracurricular and Student Athletes. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.52
Lickona, Thomas. 1991. Educating For Character: How Ourschool Can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam Books.
Sinulingga, A., Suprayitno, S., & Pertiwi, D. (2019). Professionalism of physical education teachers: from the leadership of school principals, school culture to teacher work motivation. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 296-311 https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13113
Sinulingga, A., & Nugraha, T. (2013). Penerapan Pendekatan Ilmiah Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dan Dampaknya Pada Siswa Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 3(2), 72-98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pedagogik OlahragaJurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.