PENGEMBANGAN ALAT BANTU RETURN BOARD UNTUK FOREHAND TOPSPIN TENIS MEJA

Teguh Santosa; Soegiyanto

Abstract


Abstrak

Dewasa ini masih minim dikembangkan alat untuk meningkatkan kemampuan teknik forehand top spin atlet tenis meja. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di klub tenis meja Kota Surakarta, hampir semua klub belum memiliki alat bantu untuk hal tersebut. Hal ini diperlukan karena masih banyak atlet belum menguasai teknik forehand topspin secara benar. Alat ini juga akan membantu pelatih tenis meja dalam memberikan program latihannya.

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model alat bantu untuk meningkatkan kemampuan pukulan forehand topspin atlet tenis meja dan seberapa efektif alat bantu yang dihasilkan. Tujuan dalam penelitian ini: 1) menghasilkan sebuah produk alat bantu return board. 2) membantu atlet dan pelatih dalam meningkatkan kemampuan pukulan forehand topspin tenis meja.

Metode penelitian pengembangan ini meggunakan langkah-langkah dari Borg dan Gall: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi expert judgement dan revisi; (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi; (6) uji coba skala besar (produk); (7) revisi produk skala besar; (8) uji coba pemakaian produk; (9) revisi produk; (10) produksi massal. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 10 atlet di klub PTM UTP Surakarta. Sedangkan pada uji coba skala besar melibatkan 42 atlet dari PTM Mitra Medika, PTM Dwi Bengawan, dan PTM UTP. Validasi produk dilakukan oleh 6 ekspert yaitu 3 praktisi (pelatih tenis meja) dan 3 akademisi (dosen tenis meja). Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan uji efektivitas pemakaian produk. Teknik analisis menggunakan program mini tab 16.

Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) produk pengembangan alat bantu return board dapat digunakan untuk meningkatkan pukulan forehand topspin tenis meja. Pada atlet pemula memiliki efektivitas 53% dan kelompok lanjut memiliki efektivitas 32%; (2) produk alat bantu return board dapat digunakan sebagai sarana latihan bagi atlet tenis meja tingkat junior, pemula, dan senior; (3) produk alat bantu return board dapat digunakan sebagai sarana memotivasi atlet dalam berlatih dengan mengukur kemampuan pukulan forehand topspin masing-masing atlet.

Kata Kunci: Pengembangan, Return Board, Top Spin, Tenis Meja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22245/jpor.v2i2.4513

Article Metrics

Abstract view : 1150 times
PDF - 1674 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License