HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETEPATAN PASSING CHEST PASS BOLA BASKET SISWA SMP NEGERI 13 KOLAKA UTARA

Rosti Rosti

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan agar dapat diketahui terkait hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Yang mana variabel bebas pada penelitian ini adalah kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan adapun  variabel terikatnya yaitu ketepatan passing chest pass. Jenis penelitian yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif melalui metode korelasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen Tes puhs-up, lempar tangkap bola tenis dan tes memantulkan bola kedinding tembok. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis.   

Skripsi ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap ketepatan passing chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP 13 Kolaka Utara dengan nilai korelasi 0,538 yang masuk pada kategori tingkat hubungan yang sedang. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap ketepatan passing chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMPN 13 Kolaka Utara dengan nilai korelasi  0,593 yang masuk pada kategori tingkat hubungan yang sedang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan passing chest pass bola basket pada siswa SMPN 13 Kolaka Utara dengan nilai korelasi 0,611 yang  masuk  pada kategori tingkat hubungan yang kuat.


Keywords


Kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan ketepatan passing chest pass.

Full Text:

PDF

References


Abu Azka. (2010). Teknik Dasar Bola Basket. Jakarta: Trans Mandiri Abadi

Ahmadi. Nuril. (2007). Permainan Bola Basket. Solo: Era Intermedia.

Albertus dkk. 2015. Tes & Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: PB. PASI.

Aziz., A. 2018. Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tanga Terhadap Keterampilan Passing Chest Pass Di Ekstrakurikuler Bol Basket Siswa SMP Hayatan Hayyibah Tahun 2017/2018. Jurnal Semina Nasional Pendidikan. 1(2), 978-602.

Doni, K., Siti, N., Febriatai, P., 2016. Spesifikasi Komponen Kondisi Fisik Chest Pass Atlet Putri Di Ekstrakulikuler Bola Basket SMP Negeri 7 Pemalang. Jurnal Majalah Lontar. 32 (2).

Hall, Wissel. 2000. Bola Baset Dilengkapai Dengan Program Pemahiran Teknik Dan Taktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hidayat, 2003, Biomekanika, Bandung: PPS UPL

Ilham. 2010. hubungan kekuatan otot lengan denga n kemampuan chest pass permainan bola basket siswa SMPN 11 Kota Jambi. Jurnal penelitian Universitas Jambi

Ismarianti. 2009. Tes dan Pengukuran Olahraga. Solo: Universitas Sembilan Maret.

Kosasih, D. (2008). Fundamental Basketball. Semarang: Karangturi Media.

Maikel. 2017. Pengaruh Latihan Passing Dengan Modifikasi Alat Terhadap Ketepatan Chest Pass Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya.

Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa University Pers.

Nuril, A., 2007. Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Chest Pass Pada Pada Atlet Bola Basket. Jurnal Patriot. 1 (2), 598-608.

Nuril, H., 2007. Hubungna Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tanga Terhadap Kemampuan Chest Pass Permainan Bola Basket. Siswa Kelas X SMN 1 Kotaagung: Universitas Lampung.

Nuril, H., 2007. Kontribusi Power Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tanga Terhadap Kemampuan Chest Pass Permainan Bola Basket Di SMPN 1Siak Hulu. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Oliver Jon, (2007). Dasar-Dasar Bola Basket. Penerbit Pakar Raya Bandung.

Patriani. 2010. Pengaruh Latihan Lembar Tangkap Bola Menggunakan Sasaran Terhadap Keterangan Chest Pass Basket SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4), 1945-1952.

PB Perbasi. 2014. Pengaruh Latihan Koordinasi Dengan Drill Passing Terhadap Akurasi Passing (Chest Pass) Pemain Bola Basket Di SMA Negeri 1 Prambanan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prabowo, D. H., T. (2016). Evaluasai Gerakan Lengan dan Tungkai saat Menembak Tiga Agka Bola Basket dari Segi Biomekanika pada Klub Zalsa Pati. Journal of Sport Sciences and Finess, 4(1), 18.

Saiful. 2008. Tes Pengukuran Dan Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Kendari: Tanpa Penerbit.

Salahuddin, M., 2020. Pengembangan Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket Kabupaten Banggai. Pendidikan Glasser, 42, 1-10.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.CV

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabe, Bandung.

Sukadiyanto. 2005. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yokyakarta: Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi, M., Rafaid, S., Alif, L., A., 2022. Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Passing Chest Pass Pada Mahasiswa Putra Olahraga STKIP Kie Raha Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (9), 117-124.

Sukirno. 2012. Dasar-Dasar Atletik dan Latihan Fisik. Palembang: Gema Insani.

Syarifruddin, A., A., 2011. Hubungan Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Dengan Hasil Chest Pass Siswa Ekstrakulikuler Bola Basket. Jurnal Olympi. 1(1).

Takari, E. 2007. Kamus Visual Tentang Manusia. Jakarta: Epsilon Grup.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya. Yogyakarta.

Zafran, A., 2020. Hubungan Koordinasi Mata Dan Kekuatan Otot Lenga Dengan Hasil Passing Chest pass Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.46526

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.